Benahi Saluran Drainase Dalam Kota

Benahi Saluran Drainase Dalam Kota

CATATAN.CO.ID, Kuala Pembuang – Pemerintah Kabupaten Seruyan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Seruyan, diminta secara rutin melakukan pemeliharaan dan perbaikan saluran drainase di beberapa kawasan dalam kota Kuala Pembuang.
Permintaan ini disampaikan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan, Zuli Eko Prasetyo. Menurutnya, perbaikan dan pemeliharaa saluran drainase sangat penting dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya banjir musiman atau genangan air akibat tingginya intensitas hujan.

“Perlu ada langkah antisipasi yang dilakukan, karena kita ketahui bersama ada beberapa kawasan di Kuala Pembuang yang memang sering menjadi langganan banjir apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi,“ kata Zuli Eko, Senin, 28 Februari 2022.

Menurut Politisi PDI Perjuangan ini, dalam melakukan pembenahan dan penataan serta pemeliharaan drainase dalam kota, Dinas PUPR diminta untuk melakukan proses perencanaan secara matang dan menyeluruh.

“Perencanaan yang dimaksud, agar proses pembenahan saluran drainase ini dapat dilakukan secara maksimal, sehingga hasilnya nanti dapat di rasakan oleh seluruh warga khususnya pada wilayah yang sering tergenang akibat banjir,” ujarnya.

Dengan perbaikan dan pemeliharaan saluran drainase, diharapkan pada saat tertentu khususnya pada saat musim penghujan diharapkan kedepan sudah tidak ada lagi kawasan yang tergenang banjir.

Tidak kalah penting, peran masyarakat untuk bersama –sama ikut memelihara kebersihan saluran air di lingkungan tempat tinggalnya, agar air dapat mengalir dengan baik sehingga tidak menimbulkan terjadinya genangan.

“Jangan membuang sampah di sembarang tempat, termasuk pada saluran air, karena apabila terjadi tumpukan sampah pada saluran air, akan menyebabkan saluran menjadi mampet,“ ungkapnya.

Untuk itu Zuli Eko mengimbau masyarakat untuk berperan secara aktif, ikut serta melakukan pembersihan saluran drainase dilingkungannya, sehingga seluruh saluran air dapat berfungsi dengan baik. (C5)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *