Hampir Terancam Punah, Burung ini Ditemukan Warga Sampit di Samping Rumah

Hampir Terancam Punah, Burung ini Ditemukan Warga Sampit di Samping Rumah

CATATAN.CO.ID , Sampit -Kangkareng hitam adalah salah satu burung yang masuk kategori hampir terancam punah. Belum lama ini salah seorang warga Sampit , Kotawaringin Timur, menemukan burung ini di samping rumahnya. Kondisinya cukup memprihatinkan.

Aminudin, warga Jalan Anggur 5, Kelurahan Mentawa Baru Hulu, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, menemukan burung langka itu saat membersihkan lingkungan rumahnya baru beberapa hari lalu.

“Suami saya menemukannya saat membersihkan pepohonan di samping rumah,” kata Farida, istri Aminudin, Senin, 28 Februari 2022.

Aminudin pun kasihan melihat burung itu. I pun berinisiatif mengamankannya sambil memberinya makan. Lalu ia berupaya menginformasikan ini ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA)

Berdasarkan penulusuran catatan.co.id berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Konservasi No. 92 Tahun 2018 burung ini masuk kategori konservasi rentan atau Vulnerable (VU) dan masuk dalam Appendix II, CITES (IUCN).

Kangkareng hitam atau Anthracoceros malayanus adalah salah satu jenis burung enggang dengan tubuh terkecil di antara yang lainnya. Tonjolan yang menyerupai cula pada paruh menjadi ciri khas utama pada kelompok burung enggang. (C1)

 

 

 

administrator

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *