Pengembangan Pariwisata dan UMKM di Seruyan Harus Sejalan

Pengembangan Pariwisata dan UMKM di Seruyan Harus Sejalan

CATATAN.CO.ID, Kuala Pembuang – Pengembangan kepariwisataan di Kabupaten Seruyan, diharapkan dapat sejalan dengan upaya pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, Zuli Eko Prasetyo menyebut, jika sektor pariwisata dan UMKM harus saling mendukung dan saling bersinergi.

“Pengembangkan pariwisata harus melibatkan pelaku UMKM. Antara pengelola obyek pariwisata dan UMKM harus saling mengisi dan membantu,“ katanya, Selasa, 22 Februari 2022.

Menurutnya, di mana ada destinasi pariwisata, maka di situ selalu ada UMKM, sebab pengunjung destinasi pariwisata, pasti akan mencari oleh-oleh khas daerah setempat.

“Dimana ada destinasi pariwisata, ketika pengunjung sudah menikmati keindahan alam yang di kunjungi, pasti ketika hendak pulang, akan mencari produk khas di wilayah setempat untuk buah tangan atau oleh oleh, “ jelasnya.

Dari hal ini, menurut Zuli Eko bisa disimpulkan, bahwa pengembangan sektor pariwisata harus di dukung dengan pengembangan UMKM yang menjadi khas daerah setempat.

“Sebenarnya pengembangan sektor wisata dengan pelaku UMKM memiliki keterkaitan satu sama lain. Makanya sangat penting untuk saling melengkapi,” tuturnya.

Untuk itu, Zuli Eko mendorong pemerintah daerah, agar dapat melibatkan pelaku UMKM dalam pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Seruyan.

“Dengan keterlibatan pelaku UMKM mendukung sektor pariwisata, maka semakin menambah daya tarik dari objek wisata dan mendorong terwujudnya peningkatan ekonomi secara menyeluruh,“ tukasnya. (C5)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *