TK Nurul Iman Sampit Laksanakan Deteksi Dini Tumbuh Kembang 3 Bulan Sekali

TK Nurul Iman Sampit Laksanakan Deteksi Dini Tumbuh Kembang 3 Bulan Sekali

CATATAN.CO.ID, Sampit – Taman Kanak-kanak (TK) Nurul Iman rutin memeriksa kesehatan peserta didiknya. Salah satunya melakukan Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK).

Kepala TK Nurul Iman Fitriani, pihaknya melakukan kegiatan DDTK setiap tiga bulan sekali guna mengetahui tumbuh kembang dan kondisi kesehatan anak.

“Kegiatan DDTK kami bekerjasama dengan petugas dari Puskesmas Ketapang I, jadi semua anak di TK Nurul Iman menjalani pemeriksaan setiap tiga bulan sekali,” kata Fitriani, Jumat 4 Januari 2022.

DDTK merupakan pemeriksaan yang bertujuan untuk menemukan secara dini adanya penyimpangan tumbuh kembang pada Balita dan anak prasekolah.

Dengan ditemukannya secara dini penyimpangan atau masalah tumbuh kembang pada anak, maka intervensi yang akan dilakukan tentunya akan lebih mudah dan fokus dilaksanakan dan selain itu tenaga kesehatan juga mempunyai “waktu” yang cukup dalam membuat rencana tindakan/intervensi yang sesuai.

“Ada sebanyak 137 anak yang ikut pemeriksaan dalam DDTK kali ini. Selain memperhatikan pembelajaran anak kami juga memperhatikan kondisi kesehatan anak, apalagi mereka ini masih saat-saat penting pertumbuhannya,” ujarnya.

Bila penyimpangan terlambat diketahui, maka intervensinya tentu akan lebih sulit dan hal ini akan berpengaruh pada tumbuh kembang anak.(C1)

 

administrator

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *