Tingkatkan Pengembangan Sentra IKM Bangun Harja

Bangunan sentra IKM di Desa Bangun Harja.

CATATAN.CO.ID, Kuala Pembuang – Keberadaan sentra Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Desa Bangun Harja Kecamatan Seruyan Hilir Timur Kabupaten Seruyan perlu terus dilakukan upaya peningkatan pengembangannya.

“Saya harap pengelolaannya  terus ditingkatkan lagi, agar  bisa terus berkembang  dan mampu menghasilkan berbagai  produk olahan  khas Seruyan yang  diminati konsumen,” kata anggota DPRD Seruyan Bejo Rianto, Jumat, 8 April 2022.

Pengembangan ini bisa dilakukan dari berbagai sisi, baik sumber daya manusia, pengelolaan, sarana prasarana hingga pemasaran yang bisa dilakukan lebih baik lagi kedepannya.

Dia mengatakan, produk sentra IKM dari desa tersebut,  terdiri dari berbagai macam olahan, seperti keripik pisang,  kripik singkong, serta olahan lain berbasis sumberdaya lokal.

“Saya sudah mencoba sendiri beberapa produk olahan tersebut, rasanya sangat enak dan seharusnya sudah cocok untuk dipasarkan ke pasar  lebih luas,” ungkapnya.

Keberhasilan  warga setempat menciptakan produk-produk olahan tersebut merupakan salah satu bentuk kreativitas dan inovasi untuk mengembangkan produk lokal, sesuai ciri khas wilayah.

Selain itu tidak kalah penting adalah mencari pasar dan pendistribusian yang lebih luas, sehingga produk tersebut bisa lebih dikenal dan memberikan efek positif terhadap perekonomian warga setempat.

“Sekarang tinggal upaya pemasarannya. Saya harap instansi terkait membantu pemasaran dan pendistribusian, supaya cakupan lebih luas dan tentunya bisa menambah nilai ekonomi masyarakat,” tandasnya. (C5)

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang KamiRedaksi | Pedoman Media SiberDisclaimer

© Copyright catatan.co.id. Designed and Developed by catatan.co.id