Satpol PP Kotim Berevolusi

Satpol PP Kotim Berevolusi

CATATAN.CO.ID, Sampit – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Satpol PP. Pada momentumini, Satpol PP Kotim bertekad berevolusi dengan meningkatkan profesionalitas.

“Harapan kami ke depannya Satpol PP Kotim bisa lebih profesional dan berintegritas dalam melaksanakan tugas dan fungsinya,” kata Marjuki, Kepala Satpol PP Kotim, Kamis (3/3).

Hal ini ia sampaikan usai memimpin apel yang digelar di halaman kantor Satpol PP Kotim, Jalan HM Arsyad Sampit. Mengusung tema ‘profesional dan berintegritas mewujudkan penyelenggaraan ketentraman umum untuk Indonesia maju dan sehat’, peringatan HUT ke-72 dilaksanakan secara sederhana oleh internal Satpol PP Kotim tanpa melibatkan pihak lainnya.

Sesuai dengan tema tersebut, Marjuki ingin agar seluruh anggota Satpol PP tau betul dan memahami tugas dan fungsi masing-masing. Terlebih di era digital dan keterbukaan informasi seperti sekarang, masyarakat menjadi lebih sensitif dan semakin pintar. Oleh sebab itu, Satpol PP tidak boleh gegabah atau salah langkah dalam bertindak di lapangan.

“Penekanan saya, kita kan sudah punya peraturan daerah (perda), jadi pahami betul-betul perda itu. Jangan sampai anggota Satpol PP ketika bertindak di lapangan ke luar daripada ketentuan,” tegasnya.

Lanjutnya, Satpol PP juga harus berintegritas dalam mematuhi nilai dan prinsip ketika melaksanakan tugas. Setiap tindakan harus berdasarkan aturan yang berlaku agar dapat dipertanggung jawabkan.

Seperti yang diketahui, kini Kotim telah memiliki Perda nomor 10 tahun 2021 tentang ketertiban umum dan ketentraman masyarakat. Maka hendaknya, perda ini menjadi acuan dalam setiap tindakan sebagai anggota Satpol PP. Perda ini berlaku tidak hanya untuk pedoman Satpol PP, tapi juga perlu disosialisasikan kepada masyarakat.

“Untuk itu kami Satpol PP berkomitmen untuk secara bertahap dan berkelanjutan menyosialisasikan perda tersebut. Agar masyarakat tau dan dapat berperilaku tertib, serta saling menghargai satu sama lain, inilah harapan kami,” pungkasnya. (C1)

 

administrator

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *