Penghujung Tahun, Gelombang Laut Jawa Tenang, Waktunya Nelayan Panen Tangkapan Ikan

Penghujung Tahun, Gelombang Laut Jawa Tenang, Waktunya Nelayan Panen Tangkapan Ikan

CATATAN.CO.ID, Sampit – Menjelang akhir tahun cuaca di perairan Laut Jawa tergolong tenang. Nelayan pun menyambut gembira, karena ini masanya mereka panen tangkapan ikan.

Menurut nelayan, saat ini mereka sedang gencarnya memancing ikan tenggiri. Hasilnya cukup menggembirakan.

“Meski terkadang cuaca di laut diwarnai mendung. Tapi hasil pancing alhamdulilah lumayan,” kata Tuwi, nelayan dari Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Senin, 27 Desember 2021.

Berdasarkan prakiraan cuaca maritim di perairan Laut jawa, Jawa Timur tidak ada peringatan dini gelombang tinggi alias nihil. Potensi ketinggian gelombang berkisar 0,5 meter hingga 1,5 meter.

“Untuk Kotawaringin Timur masuk perairan Kalimantan Tengah bagian Timur. Cuaca di perairan itu berpotensi hujan ringan hingga sedang dengan kecepatan angin 06-15 kts,” jelas Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi H Asan Sampit, Musuhanaya.

Selain di perairan Kalteng bagian Timur, pasokan ikan ke Kotawaringin Timur, biasanya juga dipasok oleh nelayan dari luar yang biasanya mencari ikan di perairan Laut Jawa Timur Masalembo.

“Prakiraan cuaca di perairan Laut Jawa Masalembo ketinggian gelombang 0,8 – 1,8 meter, dengan kecepatan angin 07-19 kts,” imbuhnya. (C1)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *