Pemkab Kotim Didorong Optimalkan Serapan Anggaran

Pemkab Kotim Didorong Optimalkan Serapan Anggaran

CATATAN.CO.ID, Sampit – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur didorong mempercepat dimulainya kegiatan pengadaan barang dan jasa. Harapannya agar realisasi pembangunan dan serapan anggaran bisa lebih optimal.

Ketua DPRD Kotawaringin Timur Rinie mengapresiasi “kick off” penandatanganan kontrak pengadaan barang dan jasa yang menandai dimulainya kegiatan tahun anggaran 2022, Senin, 17 Januari 2022.

“Kami berharap pelaksanaan pembangunan bisa lebih optimal dan serapannya juga bisa lebih bagus. Makanya kami mendorong percepatan dimulainya pelaksanaan kegiatan,” kata Rinie, Selasa, 18 Januari 2022.

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur memulai pelaksanaan kegiatan sebanyak tujuh paket dengan nilai sekitar Rp3,5 miliar. Paket kegiatan tersebut merupakan kategori penunjukan langsung sehingga prosesnya bisa lebih cepat.

Dia berharap pengadaan barang dan jasa, khususnya proyek fisik yang melalui mekanisme pelelangan juga dipercepat. Diharapkan segera dilakukan pelelangannya sehingga pekerjaan di lapangan juga segera dimulai.

Pelaksanaan lebih awal diharapkan membuat pekerjaan bisa selesai tepat waktu. Jika ada kekurangan, masih ada waktu memperbaikinya sebelum masa waktu kontrak berakhir.

Selain itu, pengerjaan kegiatan lebih awal akan membuat serapan anggaran juga lebih optimal. Sangat disayangkan jika anggaran tidak terserap dengan baik karena anggaran daerah saat ini terbatas, terlebih di tengah pandemi COVID-19 yang masih terjadi.

Meski mendorong percepatan kegiatan pengadaan barang dan jasa, Rinie mengingatkan agar pelaksanaannya tetap mengedepankan kualias. Jangan sampai kualitas terabaikan hanya karena mengejar target waktu.

“Kami di DPRD tentu akan menjalankan tugas dan fungsi kami, salah satunya dalam hal pengawasan. Makanya sejak awal kami juga mengingatkan agar pelaksanaan proyek pembangunan harus sesuai aturan,” pungkas Rinie. (C2)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *