DPRD Kotim Sarankan Bupati Segera Lantik Pejabat Hasil Seleksi Terbuka

DPRD Kotim Sarankan Bupati Segera Lantik Pejabat Hasil Seleksi Terbuka

CATATAN.CO.ID, Sampit – Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Sutik menyarankan pemerintah kabupaten segera melantik pejabat hasil seleksi atau lelang terbuka. Tujuannya agar kekosongan pejabat definitif segera terisi.

Menurut Sutik, seorang pejabat definitif akan memiliki keleluasaan dalam menjalankan tugas karena kewenangan yang dimiliki lebih luas dibanding seorang seorang pelaksana tugas.

“Kalau sudah diisi pejabat definitif maka diharapkan kinerja instansi bisa meningkat. Saya sarankan segera dilantik, apalagi sudah ada rekomendasi KASN. Kewenangan ini memang di tangan bupati, kami hanya menyarankan,” kata Sutik, Jumat, 21 Januari 2022.

Awal Desember 2021 lalu Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur melakukan lelang atau seleksi terbuka pimpinan tinggi pratama.

Enam jabatan yang dilelang tersebut adalah Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Asisten Administrasi Umum, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Kesehatan serta Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia.

Politisi Gerindra ini juga mengingatkan agar pejabat yang dipilih berdasarkan kompetensi, bukan karena faktor kedekatan, sangkutan tim sukses atau hal lainnya yang tidak sesuai aturan.

Di tengah keterbatasan kemampuan keuangan daerah akibat pandemi COVID-19 yang masih terjadi ini membutuhkan pejabat yang mempunyai ide-ide cemerlang agar instansinya bisa optimal melayani masyarakat. (C2)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *