Arrahman Minta Jalankan Program Cetak Sawah di Dapil II

Arrahman Minta Jalankan Program Cetak Sawah di Dapil II

CATATAN.CO.ID, Kuala Pembuang – Guna menunjang peningkatan produktifitas tanaman pangan khususnya padi di wilayah Daerah Pemilihan II, Pemerintah Kabupaten Seruyan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian diminta untuk kembali memaksimalkan program cetak sawah.

Berdasarkan hasil kunjungan reses anggota DPRD Seruyan Dapil II meliputi kecamatan Hanau, Kecamatan Danau Seluluk, Kecamatan Seruyan Raya dan Kecamatan Danau Sembuluh, di wilayah setempat ada kecendrungan menurunnya minat masyarakat mengembangkan lahan pertanian.

“Menurunnya minat warga lantaran di sebabkan seringnya terjadi banjir menyebabkan lahan terendam dan meningkatnya harga pupuk dan pestisida, “ kata Arrahman Koordinator Tim Reses DPRD Seruyan Dapil II.

Untuk itu, agar warga kembali bersemangat mengembangkan kembali lahan pertaniannya, perlu adanya dukungan progam cetak sawah dilahan yang sudah ada.

Arrahman menuturkan, seperti pada lahan pertanian yang tersebar di 4 wilayah kecamatan di Dapil II perlu dilakukan langkah agar lahan tersebut dapat kembali di manfaatkan sebagai sentra tanaman padi..

“Warga juga mengharapkan adanya upaya optimalisasi dan normalisasi saluran pada irigasi-irigasi yang mengaliri lahan pertanian,“ ucapnya.

Selain itu pembangunan sektor pertanian di wilayah Dapil II, perlu di dukung adanya pembangunan jalan usaha tani, dalam rangka memudahkan akses warga, termsuk pada saat membawa hasil panen.

“Mudah-mudahan usulan ini bisa di realisasikan, sehingga pada gilirannya akan dapat mengangkat kesejahteraan bagi para petani di wilayah Kabupaten Seruyan,“ tukasnya. (C5)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *