Terdeteksi 1 Titik Panas di Telaga Antang

Terdeteksi 1 Titik Panas di Telaga Antang

CATATAN.CO.ID , Sampit – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi titik panas di Kotawaringin Timur. Titik panas tersebut terdapat di Kecamatan Antang Kalang

“Titik panas kembali terdeteksi di Kotim, Senin, 14 Februari 2022. 1 titik panas terdeteksi di Kecamatan Telaga Antang,” kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi H Asan Sampit, Musuhanaya, Selasa, 15 Februari 2022.

Titik panas ini diduga salah satu indikasi sebagai kebakaran lahan. Hal ini dapat terjadi, Sebab beberapa hari tidak ada turun hujan signifikan di wilayah itu.

Kondisi itu dapat diperparah karena berdasarkan informasi per awanan citra satelit Himawari-8 Infrared Red Enhanced, tidak ada pertumbuhan awan signifikan di wilayah Kotim.

Kendati demikian berdasarkan potensi kemudahan terjadinya kebakaran ditinjau dari analisa parameter cuaca di Kalimantan Tengah, Kotim cenderung aman.

Sementara berdasarkan perkiraan jumlah curah hujan 24 jam ke depan berdasarkan Weather Research Forecasting Data Assimilation berpotensi hujan ringan hingga sedang.

“Sedangkan aning bertiup dari Tenggara hingga Selatan menuju Barat Laut hingga Utara,” tandasnya.

 

administrator

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *