SD Islam Terpadu Almadaniyah Samuda Gelar Tarhib Ramadan

SD Islam Terpadu Almadaniyah Samuda Gelar Tarhib Ramadan

CATATAN.CO.ID, Sampit – SD Islam Terpadu Al-Madaniyah Samuda menggelar Tarhib Ramadhan 1443 Hijriah, Jumat, 25 Maret 2022. Kegiatan dilaksanakan di Musala Assayid Alawi Al Maliki ini, diikuti seluruh siswa dari kelas I sampai dengan kelas VI.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian dari beberapa kegiatan Ramadan. Insya Allah rencananya akan dilaksanakan sampai dengan sampainya bulan Ramadan nanti,”
Kepala SD Islam Terpadu Al-Madaniyah, Samuda Mutaqin Saufi.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan antara lain tarhib Ramadhan atau tradisi menyambut bulan suci Ramadan yang saat ini sedang dilaksanakan. Selanjutnya ada kegiatan buka puasa bersama, tadarus Alquran, pembagian takjil dan kegiatan Sosial lainnya.

Tarhib ramadan ini bertujuan untuk membekali siswa dalam persiapan menyambut kedatangan bulan suci Ramadan 1443 Hijriah.

“Sesuai dengan pengertian Tarhib Ramadhan yang berarti menyambut kedatangan bulan Ramadan dengan segala kesiapan, keluasaan, kelapangan, keterbukaan dan kelebaran yang dimiliki, baik materil maupun spiritual, jiwa dan raga serta segala apa yang ada dalam diri kita,” jelas Ustaz Saufi.

Saufi berharap setelah mengikuti kegiatan ini peserta didik benar-benar siap dalam menyambut kedatangan bulan suci Ramadan khusus dalam menjalankan ibadah puasa dan amalan-amalan lainnya.

Adapun saat tarhib, kegiatan diawali dengan salat dhuha berjemaah ini dikemas dengan sangat menarik, sebab Ustaz Qasthalani sebagai penceramah menyampaikannya dengan menggunakan slide lewat layar proyektor. Sehingga anak-anak antusias untuk mengikutinya materi fikih tentang puasa yang disampaikan.

Dalam tausiahnya, Ustaz Qasthalani menyampaikan, Ramadan adalah bulan yang suci. Peserta didik harus semangat beribadah 5 waktu maupun salat lail seperti salat tarawih, witir, tahajud dan lainnya.

“Selain itu juga perbanyak amalan-amalan lainnya seperti menyantuni anak yatim, perbanyak sedekah dan amalan kebaikan lainnya, ” pesan Ustaz Qashta, sapaan akrabnya.

Diakhir kegiatan panitia juga menyiapkan doorprize menarik bagi peserta didik yang bisa menjawab pertanyaan berkaitan dengan materi yang disampaikan. Tentunya hal ini menambah kesan tersendiri bagi peserta didik dan makin mantap menyambut Ramadan tahun ini. (C1)

administrator

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *