Membeli Produk Lokal Bukti Dukungan Terhadap UMKM

Membeli Produk Lokal Bukti Dukungan Terhadap UMKM

CATATAN.CO.ID, Sampit – Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Juliansyah menilai sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) daerah ini perlu dukungan semua pihak. Tujuannya agar mereka bisa mandiri dan terus berkembang.

Untuk itu dia mengajak segenap elemen pemerintahan dan masyarakat memprioritaskan penggunaan produk lokal untuk membantu menggerakkan ekonomi kerakyatan.

“Dengan kita membeli produk lokal, kita telah membantu masyarakat kita meningkatkan ekonomi. Ini peluang kita membantu sesama warga kita. Kalau masih ada produk lokal, lebih baik kita prioritaskan membeli produk lokal,” kata Juliansyah, Jumat, 25 Februari 2022.

Pandemi COVID-19 yang sudah melanda sejak Maret 2020 lalu hingga saat ini membuat perekonomian sempat terpuruk. Sektor UMKM juga terkena imbasnya.

Kini pelaku UMKM berupaya bangkit dari keterpurukan tersebut. Perlu dukungan semua pihak agar usaha UMKM bisa kembali tumbuh dan berkembang.

Menurut politisi yang juga Sekretaris Fraksi Gerindra ini, banyak produk yang dihasilkan pelaku UMKM lokal, seperti hasil pertanian dan perikanan, kuliner, kerajinan tangan, perabot rumah dan lainnya. Kualitasnya juga tidak kalah bagus dengan barang serupa yang didatangkan dari luar daerah.

Salah satu contohnya adalah hasil panen petani lokal berupa padi yang kemudian dijadikan beras. Sangat diharapkan kepedulian masyarakat untuk membelinya sehingga penghasilan petani dan profesi lainnya yang berkaitan akan meningkat.

Semakin banyak produk lokal banyak terserap pasar berkat kepedulian elemen pemerintah, swasta dan masyarakat dalam memprioritaskan membeli produk lokal maka dampaknya akan sangat besar terhadap perkembangan UMKM.

Langkah ini otomatis juga akan berdampak positif terhadap pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, khususnya pelaku UMKM dan profesi-profesi berkaitan.

Juliansyah mengapresiasi kebijakan yang pernah dijalankan pemerintah kabupaten yaitu menyarankan pegawai pemerintah memberi beras lokal.

Kebijakan positif ini perlu dilanjutkan karena akan membantu petani. Jika ribuan pegawai di daerah ini rutin membeli beras hasil panen petani lokal maka dampaknya sangat besar terhadap serapan pasar beras lokal sehingga mampu meningkatkan pendapatan petani.

Kepedulian seperti ini diyakini akan mampu menumbuhkan sektor UMKM karena pangsa pasar semakin terbuka.

“Kalau bukan kita yang membantu sektor UMKM di daerah kita, lalu siapa lagi? Kita mulai dari hal-hal kecil dan rutinitas kita karena banyak yang bisa upayakan untuk membantu membangkitkan ekonomi kerakyatan di daerah kita ini,” pungkas Juliansyah. (C2)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *