Kotim Dijanjikan Rp650 Miliar untuk Perbaikan Jalan

Kotim Dijanjikan Rp650 Miliar untuk Perbaikan Jalan

CATATAN.CO.ID, Sampit – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menjanjikan mengalokasikan anggaran mencapai Rp650 miliar untuk perbaikan jalan di Kabupaten Kotawaringin Timur. Kucuran dananya sistem pembiayaan multi year atau tahun jamak selama tiga tahun.

Bupati Halikinnor mengaku mendapatkan informasi itu dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Tengah. Dia berharap tidak ada perubahan sehingga realisasinya nanti akan membawa dampak besar terhadap peningkatan jalan di Kotawaringin Timur.

“Ini merupakan kegiatan multi year terbesar yang diberikan pemerintah provinsi untuk daerah di Kalimantan Tengah pada 2022. Kami selaku pemerintah daerah sangat berterima kasih kepada pemerintah provinsi, khususnya Bapak Gubernur atas perhatiannya terhadap Kotawaringin Timur,” kata Halikinnor, Sabtu, 15 Januari 2022.

Halikinnor menyebutkan, anggaran sebesar itu diantaranya untuk kegiatan peningkatan jalan simpang Pelantaran sampai Parenggean Rp60 miliar, Parenggean ke Kuala Kuayan Rp50 miliar, Kuala Kuayan ke Tanjung Jariangau Rp55 miliar, Kuala Kuayan ke Tumbang Sangai Rp45 miliar, Sangai menuju Antang Kalang Rp75 miliar, Sampit ke Samuda Rp40 miliar, Samuda ke Ujung Pandaran Rp40 miliar dan lainnya.

Diakui, saat ini jalan-jalan tersebut dalam kondisi rusak. Jika perbaikan selesai dilakukan nantinya diharapkan akan memperlancar aktivitas perekonomian masyarakat dan daerah.

Halikinnor berharap lelang proyek tersebut bisa segera dilaksanakan sehingga kegiatan perbaikan pun segera dimulai. Masyarakat sangat mengharapkan itu karena keberadaan jalan sangat vital bagi aktivitas sehari-hari dan kegiatan perekonomian.

Terlebih bagi masyarakat di wilayah utara, akses jalan darat sangat dibutuh. Wilayah ini meliputi enam kecamatan yaitu Parenggean, Antang Kalang, Telaga Antang, Mentaya Hulu, Bukit Santuai dan Tualan Hulu.

Terdapat jalan poros yang melintasi enam kecamatan tersebut. Jalan itu berada di bawah kewenangan pemerintah provinsi. Untuk itulah pemerintah kabupaten dan masyarakat sangat bersyukur mengetahui pemerintah provinsi akan memperbaiki jalan poros itu.

“Mudah-mudahan ini akan mempercepat pemulihan ekonomi di tengah pandemi COVID-19 yang masih terjadi saat ini. Kita tentu berharap ini terlaksana sesuai harapan,” pungkas Halikinnor. (C2)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *