Syahbana: Jangan Biarkan Lahan Kosong

Syahbana: Jangan Biarkan Lahan Kosong

CATATAN.CO.ID, Sampit – Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Kotawaringin Timur, Syahbana menyebutkan saat ini masih ada ribuan hektare lahan masyarakat yang dibiarkan kosong. Maka dari itu setiap tahunnya lahan itu selalu menjadi langganan kebakaran hutan dan lahan.

Dari itu ia .engajak semua masyarakat yang memiliki lahan kosong untuk ditanam. Salah satunya adalah komoditas kelapa sawit yang saat ini memiliki harga jual bagus ditingkat petani.

“Dari pada dibiarkan menjadi lahan kosong lebih baik ditanam,” kata Syahbana, Minggu, 16 Januari 2022.

Seandainya lahan itu digunakan dan dimanfaatkan untuk menjadi kebun maka tidak akan ada karhutla yang terjadi.

“Seperti di Cempaga saja setahu saya masih banyak lahan terlantar milik masyarakat yang tidak ditanam,” ucapnya.

Selama ini kendala petani yakni modal untuk mengelola lahan tersebut, dari situlah peran pemerintah daerah. Sejak dari pembersihan lahan hingga penyediaan bibit kelapa sawit setidaknya ada peran besar pemerintah daerah seharusnya untuk membantu.

“Kalau tidak salah di dinas teknisnya itu bisa dimanfaatkan bantuan bibit kepada kelompok tani yang sudah dibentuk. Sementara untuk urusan pembersihan lahan saya kira program excavator di kecamatan bisa diarahkan untuk membuka lahan-lahan masyarakat tinggal diusulkan dan dikomunikasikan dengan pemerintah kecamatan setempat,” tukas Syahbana.

Syahbana menyebutkan potensi kesejahteraan melalui pengambangan kelapa sawit ini lebih baik dibanding rotan dan karet. Karena rotan dan karet ini tidak ada jaminan harga dipasaran yang stabil.

“Kelapa sawit ini untuk sementara waktu menduduki klasemen sebagai komoditas yang terbaik untuk dikelola,” pungkasnya. (C4)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *