Dinkes Harus Berikan Persepsi yang Sama Soal Pelayanan Publik

Dinkes Harus Berikan Persepsi yang Sama Soal Pelayanan Publik

CATATAN.CO.ID, Sampit – Anggota Komisi III DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Dadang H Syamsu menekankan kepada Dinas Kesehatan setempat untuk memberikan persepsi yang sama mengenai pelayanan publik di bidang kesehatan.

Menurut Dadang, standar pelayanan itu minimal harus disampaikan kepada petugas medis hingga jajaran lainnya. Supaya pelayanan kesehatan di daerah ini membaik.

“Saya pesankan agar semua stakeholder penyelenggara pelayanan kesehatan di Kotim mulai dari kabupaten hingga kepada puskesmas untuk menyamakan standar pelayanan kesehatan,” kata Dadang, Selasa, 8 Februari 2022.

Khususnya kata dia untuk warga-warga yang notabenenya tidak mampu, tidak ada BPJS, hingga tidak ada KTP atau sejenisnya.

Dadang mengakui tidak semua masyarakat Kotim itu adalah orang yang mampu dan masih banyak yang belum memiliki kartu pengenal identitas.

“Namun ketika mereka memerlukan pelayanan publik baru menyadari pentingnya KTP,” tukasnya.

Meski begitu kebijakan dari Bupati Kotim sudah jelas dan tegas bahwasanya selama masyarakat itu adalah penduduk setempat meskipun tidak ada KTP maka wajib dilayani.

“Artinya masyarakat kita ini secara faktual mereka memang penduduk kita tetapi secara adminitrasi tidak. Namun, bukan berarti mereka tidak bisa mendapatkan pelayanan-pelayanan publik karena merekalah yang menjadi objek pelayanan tersebut,” tegasnya

Dadang mengapresiasi sikap Bupati Kotim, Halikinnor di mana dalam beberapa kali kesempatannya menegaskan bahwa masyarakat hanya perlu menyebutkan sebagai penduduk Kotim sudah layak mendapatkan pelayanan.

Hal semacam ini yang dikira perlu diterjemahkan oleh jajaran petugas itu supaya tidak ada lagi polemik di bidang pelayanan kesehatan masyarakat. (C4)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *