Bank Sampah Harus Diaktifkan Lagi

Bank Sampah Harus Diaktifkan Lagi

CATATAN.CO.ID, Sampit – Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Kotawaringin Timur, Hj Darmawati meminta agar bank sampah kembali diaktifkan.

Karena kata dia denhan pengelolaan sampah yang baik itu bisa mendapatkan nilai ekonomis. Diantaranya aktivasi kembali sejumlah program Bank Sampah baik di sekolah dan disejumlah instansi yang sudah ada sebelumnya.

Dengan begitu kata dia masyarakat tidak membuang sembarangan dan bersemangat memilah sampah karena bisa menghasilkan uang.

Darmawati menyarankan Dinas Lingkungan Hidup meniru program yang dijalankan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

Masyarakat didorong memilah sampah yang bernilai ekonomi yang nantinya dibeli dan ditampung oleh pemerintah daerah.

“Untuk pelaksanaannya, pemerintah daerah bisa bermitra dengan pihak lain yang membidangi masalah ini, sayangnya bank sampah yang sudah ada malah tutup,” katanya, Minggu, 6 Maret 2022.

Perlu solusi atau inovasi guna memanfaatkan sampah yang masih memiliki nilai ekonomi tersebut. Jika ini bisa dijalankan maka tidak hanya menyelesaikan masalah sampah, tetapi juga bisa memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat.

Darmawati juga mendorong agar pemerintah daerah membuat perencanaan jangka panjang dalam penanganan sampah.

Hal ini penting untuk disadari karena setiap tahun jumlah penduduk terus berubah sehingga sampah yang dihasilkan juga akan meningkat signifikan.

Jika tidak diantisipasi, dikhawatirkan masalah sampah akan menjadi permasalahan serius di kemudian hari. Ini juga bisa berdampak terhadap kesehatan dan kenyamanan masyarakat kota. (C4)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *