TP PKK Kottim Peringati Hari Lanjut Usia Nasional Ke-28 Tahun, ini Pesan Halikinnor 

Bupati Kotim Halikinnor saat memotong tumpeng saat peringatan hari lanjut usia di rumah jabatan bupati, Sabtu, 22 Juni 2024
Bupati Kotim Halikinnor saat memotong tumpeng saat peringatan hari lanjut usia di rumah jabatan bupati, Sabtu, 22 Juni 2024

CATATAN.CO.ID, Sampit– Tim Pengerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PPK) Kabupaten Kotawaringin Timur memperingati Hari Lanjut Usia Naisonal ke-28 tahun, Sabtu, 22 Juni 2024.

“Acara ini merupakan momen penting untuk mengapresiasi peran dan semangat para lanjut usia di Indonesia, khususnya Kotim, yang telah berkontribusi dalam pembangunan,” ucap Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnorm

Menurutnya, peringatan hari lanjut usia ini tidak hanya menyoroti peran penting para lansia, tetapi juga menekankan pentinya perhatian dan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat.

“Keluarga sebagai unit terkecil di masyarakat perlu terus mengusahakan agar para lanjut usia terawat dengan baik. Penting juga memberikan kesibukan yang menunjang aktivitas motorik dan melibatkan mereka kegiatan sosial serta keagamaan,” tuturnya.

Lanjutnya, usia lansia sering kali mengalami permasalahan seperti menurunnya kesehatan dan fungsi motorik, serta hambatan komunikasi.

“Saat ini semua kecamatan di Kabupaten Kotim sudah memiliki posyandu lansia, baik itu di keluarahan dan desa. Karena posyandu lansia ini berperan penting dalam menjaga kualitas hidup lansia di masyarakat,” jelasnya.

Perlu diketahui, Posyandu Lansia menyediakan berbagai layanan kesehatan seperti, pemeriksaan fisik, penyuluhan kesehatan, kegiatan olahraga dan kegiatan nonfisik yang meningkatkan interaksi sosial.

“Masih ada tantangan dalam mengajak lanjut usia ke Posyandu, baik itu karena keterbatasan pengetahuan maupun informasi, inilah menjadi tanggung jawab kita semua untuk mengajak lansia memeriksakan kesehatannya secara berkala setiap satu bulan sekali,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kotim, Khairiah Halikinnor, mengatakan, tujuan dari peringatan  HUT Lansia ini untuk menggugah kesadaran masyatakat mengenai pentingnya apresiasi terhadap peran masyarakat lanjut usia.

“Kegiatan ini untuk memberikan penghormatan dan penghargaan kepada lanjut usai. Kita berharap adanya kegiatan ini meningkatkan kepedulian semua pihak akan hadirnya lansia,” tutupnya. (C8)

 

Ucapan Selamat Lebaran Catatan 2024

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang KamiRedaksi | Pedoman Media SiberDisclaimer

© Copyright catatan.co.id. Designed and Developed by catatan.co.id