Tanam Pohon di Sekitar Drainase untuk Mencegah Banjir

Bupati Kotim Halikinnor dan Kepala Balai HATHI saat menanam pohon di samping salah satu drenase di Sampit, Jumat, 2 Februari 2024.
Bupati Kotim Halikinnor dan Kepala Balai HATHI saat menanam pohon di samping salah satu drenase di Sampit, Jumat, 2 Februari 2024.

CATATAN.CO.ID, Sampit– Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur bersama Himpunan Ahli Teknik Hidraulik Indonesia (HATHI) melakukan aksi tanam pohon di kawasan areal dranase di Jalan Jenderal Sudirman Kilometer 5,5 Sampit, Jumat, 2 Februari 2024.

Aksi ini digelar dalam rangka mempertingati hari ulang tahun ke-43 HATHI dan juga mencegah terjadi banjir.

Penanaman pohon tersebut dilakukan bersama dengan Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan II Kementrian PUPR yang juga lsekaligus Ketua HATHI. Halikinnor mengatakan, saat ini dunia menghadapi perubahan yang cepat dan terkadang tak terduga.

 “Perubahan global ini antara lain pertambahan penduduk, ekspansi ekonomi, perubahan tataguna lahan hingga perubahan iklim yang diikuti oleh krisis global di sektor energi, ekonomi pangan,” katanya.

Dirinya menyambut baik program penanaman pohon dari HATHI yang tentunya bertujuan mulia, salah satunya yakni mencegah bencana bencana banjir, tanah longsor dan kekeringan.

 “Kegiatan yang harus kita lakukan adalah melestarikan lingkungan. Dan kegiatan seperti ini harus terus menerus dilakukan untuk menyelesaikan atau mengurangi. Kalau bisa meniadakan bencana banjir tersebut,” katanya.

Menurut Halikinnor, penanaman pohon ini bukanlah semata kegiatan rutin atau seremonial. Melainkan langkah konkret dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

 “Di tengah tantangan perubahan iklim yang semakin nyata, tugas kita untuk melestarikan alam menjadi semakin mendesak melalui penanaman pohon. Kita tidak hanya menghijaukan kota tetapi juga membantu menyediakan habitat bagi beragam spesies, memperbaiki kualitas udara serta menjaga keberlangsungan hidup manusia itu sendiri,” jelasnya.

Dirinya juga mengajak seluruh pihak untuk merenungkan betapa berharganya ini bagi kehidupan.

“Mari kita bersama-sama, mulai dari hal kecil seperti menanam pohon, hingga kebijakan besar yang melindungi hutan dan lahan,” tutupnya. (C8)

 

Ucapan Selamat Lebaran Catatan 2024

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang KamiRedaksi | Pedoman Media SiberDisclaimer

© Copyright catatan.co.id. Designed and Developed by catatan.co.id