Pj Bupati Seruyan: Pencegahan Stunting Program Prioritas Nasional

Pj Bupati Seruyan Djainuddin Noor bersama Ny. Habibah Djainuddin Noor saat melihat penimbangan balita di Posyandu Sukun.
Pj Bupati Seruyan Djainuddin Noor bersama Ny. Habibah Djainuddin Noor saat melihat penimbangan balita di Posyandu Sukun.

CATATAN.CO.ID, Kuala Pembuang – Penjabat (Pj) Bupati Seruyan Djainuddin Noor bersama Ny. Habibah Djainuddin Noor, menghadiri kegiatan Penguatan Gerakan Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Posyandu Kabupaten Seruyan.

Acara ini dipusatkan di Posyandu Sukun, Kelurahan Kuala Pembuang I, Kecamatan Seruyan Hilir, Senin, 24 Juni 2024.

Dalam sambutannya Djainuddin Noor menegaskan bahwa pencegahan stunting merupakan salah satu program prioritas nasional. Pada tahun 2024 ini, pemerintah kabupaten/kota diharapkan dapat menurunkan angka prevalensi stunting hingga 14 persen.

“Salah satu upaya pencegahan stunting adalah meningkatkan cakupan layanan yang diterima sasaran, dan Posyandu sebagai lembaga kemasyarakatan menjadi pusat layanan dasar bagi bayi, balita, dan pemeriksaan ibu hamil,” kata Djainuddin

Untuk mendorong percepatan penurunan stunting, pemerintah mengadakan pengukuran dan intervensi pencegahan stunting serentak pada bulan Juni 2024. Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan cakupan kunjungan sasaran ke Posyandu.

“Gerakan pengukuran dan intervensi serentak pencegahan stunting bertujuan untuk meningkatkan cakupan kunjungan sasaran ke Posyandu,” tambahnya.

Dengan rutin mengunjungi Posyandu, masyarakat dapat mendeteksi dini masalah gizi melalui pengukuran antropometri. Langkah selanjutnya adalah pemberian edukasi pencegahan stunting dan tindakan intervensi segera pada sasaran yang mengalami masalah gizi, yang telah diverifikasi oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas.

Djainuddin Noor berharap gerakan ini dapat memberikan dampak signifikan dalam upaya menurunkan angka stunting di Kabupaten Seruyan, serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemantauan pertumbuhan anak secara rutin di Posyandu. (C5)

Ucapan Selamat Lebaran Catatan 2024

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang KamiRedaksi | Pedoman Media SiberDisclaimer

© Copyright catatan.co.id. Designed and Developed by catatan.co.id