Pemkab Kotim Anggarkan Rp1,8 Miliar untuk Guru Ngaji

Untitled 1
Pemkab Kotim Anggarkan Rp1,8 Miliar untuk Guru Ngaji

CATATAN.CO.ID, Sampit – Pemkab Kotawaringin Timur menganggarkan anggaran Rp1,8 miliar untuk insentif guru ngaji yang bukan pegawai negeri sipil (PNS) di daerah ini.

“Kita menganggarkan seribu guru ngaji menerima insentif Rp1,8 juta setiap orang tahun ini,” kata Bupati Kotim Halikinnor, Senin, 24 Juni 2024.

Insentif tersebut diberikan satu kali dalam satu tahun sebagai bentuk penghargaan kepada guru yang membimbing anak-anak di Kotim agar melek baca tulis Al-Quran.

Pihaknya berencana menaikkan anggaran insentif guru mengaji tahun depan Rp2,5 juta hingga Rp3 juta setiap orang, jika anggaran daerah memungkinkan.

“Saya sampaikan kalau masih ada guru ngaji non PNS yang belum terdaftar bisa laporkan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, dirinya baru saja bersilaturahmi dengan guru mengaji se-Kecamatan Mentawa Baru Ketapang di Aula Rumah Jabatan Bupati. Ia mengatakan, gurunya mengaji memilki peran penting untuk membangun moral dan spiritual generasi muda di daerah ini.

Guru mengaji ini menghadapi tantangan yang besar ditengah kemajuan teknologi sangat sulit mengajak anak-anak untuk mengaji karena mereka lebih memilih bermain gadget.

Sebagian orang tua juga kurang memiliki waktu untuk mengajarkan anak-anaknya membaca tulis Al Quran. Sehingga guru mengaji memiliki tugas mulia mengajarkan anak-anak mempelajari kitab suci pedoman hidup umat muslim.

Guru mengaji menjalankan tugasnya dengan ikhlas bahkan di beberapa wilayah ia jumpai hanya mendapatkan bayaran Rp5 ribu setiap bulan yang terkadang terlambat dibayarkan orang tua anak didiknya.

“Saya juga meminta agar dibentuk asosiasi atau pengurus guru mengaji agar Pemerintah daerah mudah menjalin komunikasi. Agar keluhannya bisa tersampaikan misalnya musholanya tidak layak, Al-quran rusak atau guru mengaji tergolong miskin rumahnya tidak layak akan dilakukan bedah rumah,” tandasnya. (C4)

 

Ucapan Selamat Lebaran Catatan 2024

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang KamiRedaksi | Pedoman Media SiberDisclaimer

© Copyright catatan.co.id. Designed and Developed by catatan.co.id