Pertumbuhan Awan Terjadi di Kotim, Tanda Potensi Kebakaran Berkurang

Pertumbuhan Awan Terjadi di Kotim, Tanda Potensi Kebakaran Berkurang

CATATAN.CO.ID, Sampit – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis terjadi pertumbuhan awan di Kotawaringin Timur. Hal ini berkorelasi dengan kondisi daratan di kabupaten itu, yang awalnya sangat mudah terbakar kini menjadi aman dari kebakaran daratan.

Ini terjadi setelah beberapa hari tidak ada pertumbuhan awan hujan signifikan, kini curah hujan di Kotawaringin Timur, dinilai membaik. Sehingga potensi adanya kebakaran di daratan kabupaten itu lebih kecil.

“Data menunjukkan data per awanan citra satelit di Kotawaringin Timur 2 Februari terdapat pertumbuhan awan signifikan di sejumlah wilayah,” kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi H Asan Sampit, Musuhanaya, Selasa, 2 Februari 2022.

Terdapat sejumlah pertumbuhan awan signifikan. Terutama di wilayah kecamatan ; Telawang, Mentaya Hilir Selatan, Mentawa Baru Ketapang, Kota Besi dan Pulau Hanaut.

Hal ini dinilai menunjukan adanya perbaikan mengingat beberapa hari lalu tak ada pertumbuhan signifikan hampir di seluruh wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur. Bahkan kondisi daratan sejumlah wilayah masuk kategori status sangat mudah terbakar.

“Sedangkan potensi kemudahan kebakaran ditinjau dari parameter cuaca, secara umum Kotawaringin Timur berstatus aman, sebagian wilayah ada juga berstatus tidak mudah terbakar,” imbuhnya.

Sementara itu, BMKG juga memprediksi, prakiraan curah hujan dalam 24 jam ke depan. Berdasarkan model Weather Research Forecasting Data Assimilation berpotensi hujan ringan.(C1)

administrator

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *