Induk Orangutan bersama Anaknya Berkeliaran di Sekitar Kebun Warga di Sampit

Induk Orangutan bersama Anaknya Berkeliaran di Sekitar Kebun Warga di Sampit

CATATAN.CO.ID, Sampit – Keberadaan orangutan mendekati permukiman terjadi lagi di Sampit, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Kali ini induk orangutan bersama anaknya berkeliaran di sekitar kebun warga, di Jalan Soekarno atau Lingkar Kota Utara.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit menerima laporan kemunculan orangutan itu, Senin, 31 Januari 2022. Lalu keesokan harinya, 1 Februari 2022 langsung diobservasi.

Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah menjelaskan induk orangutan itu bersama anaknya. Ini dibuktikan dengan rekaman foto melalui pesawat tanpa awak atau drone oleh salah seorang warga.

“Informasinya orangutan itu sudah tiga hari berada di sekitar lokasi itu,” ungkap Muriansyah, Selasa, 1 Februari 2022.

Orangutan tersebut terpantau di pinggir jalan letaknya tak jauh dari gardu induk PLN. Orangutan tersebut juga merusak pohon nanas dan memakan umbutnya.

BKSDA pun segera melakukan observasi ke lokasi kemunculan orangutan itu. Selanjutnya menentukan langkah yang dilakukan untuk menyelamatkan satwa dilindungi tersebut.

“Kami observasi dulu memastikan tempat kemunculan orangutan. Jejaknya serta memerhatikan kondisi lingkungan sekitar, baru menentukan langkah yang akan dilakukan bila orangutan masih berada di lokasi,” tutupnya. (C1)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *