Hamparan Lahan di Jalan Bumi Raya Terbakar

Hamparan Lahan di Jalan Bumi Raya Terbakar

CATATAN.CO.ID, Sampit – Hamparan lahan seluas sekitar 1 hektare di Jalan Bumi Raya Kelurahan Baamang Barat Kecamatan Baamang, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur terbakar, Kamis, 27 Januari 2022.

Kebakaran membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim bersama kelurahan dan juga Masyarakat Peduli Api (MPA) berupaya untuk melakukan pemadaman.

“Kami khawatir api terus membesar dan menjalar ke lahan lainnya. Sehingga kami berupaya bersama-sama melakukan pemadaman,” ujar Ketua MPA Baamang Barat Adi Wahyudi.

Pemadaman yang dilakukan menggunakan mesin portable, karena lokasi kebakaran sendiri berada cukup jauh dari jalan raya. Sehingga, tidak dapat mobil masuk.

Belum diketahui penyebab dari kebakaran tersebut. Namun diduga, ada yang sengaja melakukannya. Karena tidak ingin capek membersihkan lahan tersebut.

Sementara, Lurah Baamang Barat Paliansyah sangat menyayangkan hal itu terjadi. Karena jika tidak sempat dipadamkan, tidak menutup kemungkinan lahan yang terbakar akan semakin besar.

“Saya harap masyarakat tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Guna menghindari kabut asap di wilayah ini,” kata Paliansyah.

Dirinya juga meminta kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap Karhutla, ditengah awal musim kemarau seperti saat ini. Jika melihat ada lahan terbakar, segera padamkan dan laporkan, agar tidak semakin membesar. (C3)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *