Beruang Berkeliaran di Lingkar Kota Sampit Incar Organ Dalam Hewan Ternak

Beruang Berkeliaran di Lingkar Kota Sampit Incar Organ Dalam Hewan Ternak

CATATAN.CO.ID, Sampit – Beruang yang berkeliaran di Jalan Mohammad Hatta atau Lingkar Kota Selatan diduga mengincar hewan ternak milik warga. Bahkan warga mengaku puluhan unggas mati dan hanya diambil hati dan jantungnya saja.

Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, Muriansyah mengungkapkan, beruang madu yang berkeliaran tersebut telah memangsa hewan ternak milik warga setempat. Berdasarkan pengakuan warga, sudah puluhan ekor bebek dibunuh dan diambil organ dalamnya

Kemunculan dan aksi beruang ini kian masif dan berani. Pada kemunculan sebelum-sebelumnya beruang hanya merusak kebun warga. Belum berani menyerang hewan ternak.

Sejumlah fakta ini didapat petugas BKSDA setelah melakukan observasi terhadap laporan kemunculan beruang dari Petra, salah seorang warga.

Petra melaporkan beruang berkeliaran di belakang rumahnya. Dalam beberapa hari belakangan. Bahkan dalam satu malam beruang muncul sebanyak 3 kali.

“Diduga kuat, beruang datang ke tempat Pak Petra karena di bagian belakang rumah, ada wajan bekas masakan selai nanas, belum dicuci,” tambah Muriansyah.

BKSDA mengimbau warga sekitar agar meningkatkan kewaspadaan saat beraktivitas di luar rumah. Terutama saat hari gelap. Selain itu juga menghindari hal-hal yang mengundang kedatangan beruang. Seperti tidak membuang sampah sisa rumah tangga sembarangan, memberi penerangan yang cukup di kandang ternak.

“Hendaknya juga sebelum keluar atau membuka rumah membuat suara gaduh misal memukul panci atau semacamnya ini agar membuat beruang takut. Dikhawatirkan, saat membuka rumah beruang berada di dekat pintu,” pungkas Muriansyah. (C1)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *