Warga Bangun Dapur Umum untuk Korban Banjir

CATATAN.CO.ID, Sampit – Warga swadaya membangun dapur umum untuk membantu korban banjir di Sampit khususnya wilayah Kelurahan Sawahan, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur.

“Ini murni inisiatif saya, Pak lurah dan ibu-ibu kader PKK Kelurahan Sawahan yang tergerak membantu masyarakat korban banjir,” kata Ketua PKK Kelurahan Sawahan Nurlisa Apriani, Kamis, 2 Mei 2024.

Ibu-ibu kader PKK Kelurahan Sawahan tergerak melihat masyarakat terdampak banjir yang kian parah hingga masuk ke rumah. Sebagian korban banjir di Kelurahan Sawahan tergenang hingga ke dapur membuat masyarakat tak dapat melakukan aktivitas memasak.

Hal itu membuat Nurlisa prihatin dan bergerak membantu warga sekitar untuk memenuhi kebutuhan pangan.

“Bahan baku dari ibu kader PKK dan kebetulan hari ini juga dibantu Polsek Ketapang,” ujarnya.

Hari ini pihaknya menyiapkan 500 bungkus nasi disalurkan 2 kali, siang dan malam. Mereka mengantarkan langsung dari pintu ke pintu untuk korban banjir yang terdampak hingga dapurnya.

Pihaknya akan membuka dapur umum selama 2 hari, 2-3 Mei 2024. Keberlanjutan dapur umum yang berada di Jalan Angang Barat tersebut akan memantau kembali kondisi banjir.

“Kami siap jika ada yang membantu bahan makanan untuk disalurkan kepada korban banjir. Agar yang kami bantu lebih banyak,” tandasnya.

Kelurahan Sawahan merupakan sallah satu wilayah yang terdampak banjir cukup parah di Sampit. Hujan mengguyur setiap hari dan pengaruh pasang surut air membuat banjir lambat surut.

Ahyat, salah satu warga yang menerima bantuan makanan dari dapur umum bersyukur atas bantuan tersebut. Rumahnya terkepung banjir hingga masuk ke rumah dan menggenangi dapur.

“Kami mengungsi ke rumah tetangga yang lebih tinggi posisinya, tapi ternyata tempat kami mengungsi juga terkena banjir meski tak separah banjir rumah saya,” kata Ahyat. (C4)

Ucapan Selamat Lebaran Catatan 2024

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang KamiRedaksi | Pedoman Media SiberDisclaimer

© Copyright catatan.co.id. Designed and Developed by catatan.co.id