Wah Parah, Pengemis Suruh Anak Jadi Pengamen Hasilnya Bisa Beli Mobil dan Motor Baru

Wah Parah, Pengemis Suruh Anak Jadi Pengamen Hasilnya Bisa Beli Mobil dan Motor Baru

CATATAN.CO.ID, Sampit – Seorang pengemis perempuan di Sampit, Kotawaringin Timur (Kotim), mempekerjakan anaknya yang masih di bawah umur untuk menjadi pengamen di jalanan. Yang membuat kita geleng-geleng kepala lagi, hasil dari diduga ekploitasi anak ini membuat oknum orangtua itu kaya raya hingga mampu beli mobil dan sejumlah sepeda motor.

“Hasil penyelidikan, ternyata dari sejumlah pengemis dan pengamen yang kami tangkap, kemarin mereka bersaudara. Katanya disuruh ibunya jadi pengamen,” ujar Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kotim Marjuki, melalui Kepala Bidang Penegakan Perundang-Undangan Daerah Sugeng Rianto, Jumat, 28 Januari 2022.

Sebelumnya Satpol PP menangkap 5 orang anak dan 4 orang dewasa yang mengemis dan mengamen di sejumlah jalan dalam Kota Sampit.

Setelah itu, pihaknya mengantar anak-anak tersebut pulang ke rumah. Dan ternyata di rumah orangtuanya tersebut ada mobil, dan sejumlah motor yang masih baru.

Petugas pun menginterogasi, dan beberapa di antara mereka mengaku dalam sehari 1 orang bisa mendapatkan minimal Rp 200 ribu.

“Mereka memiliki 12 saudara, dan minimal umur 5 tahun sudah disuruh untuk menjadi pengemis. Setiap sore mereka setoran kepada ibunya tersebut. Dan itulah yang membuat orangtuanya memiliki mobil, motor, dan lainnya,” ujar Sugeng.

Sugeng menerangkan bahwa dari 9 orang yang ditangkap tersebut, 8 di antaranya merupakan saudara. Sedangkan 1 orang lainnya merupakan pengemis dari Pulau Jawa.

Sementara, terkait untuk penindakan terhadap para pengemis tersebut, pihaknya menyerahkan kepada dinas sosial.

Meskipun begitu, dirinya berharap ini menjadi pelajaran bagi masyarakat agar tidak lagi memberikan uang sembarangan kepada para pengemis. Sehingga, mereka tidak ada lagi yang meminta-minta di jalan. (C3)

administrator

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *