Siswa SMP IT Arafah Sampit Dikenalkan Lebih Dekat dengan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan

Siswa SMP IT Arafah Sampit Dikenalkan Lebih Dekat dengan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan

CATATAN.CO.ID, Sampit – Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Arafah Sampit punya cara tersendiri memberikan pelajaran non-akademik di luar di sekolah. Salah satunya dengan mengunjungi markas komando Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kotawaringin Timur, Sabtu pagi, 28 Januari 2022.

Tedy Bahtiar Kurniawan, pendamping siswa mengatakan, ini sebenarnya sudah menjadi agenda rutin sekolahnya. Namun karena masa pandemi sempat terhenti, dan baru kali ini dimulai kembali.

“Parent teaching ini merupakan agenda bulanan di SMP IT Arafah yang lama tidak diaktifkan selama pandemi. Alhamdulillah kali ini kami bisa melaksanakannya kembali,” ungkap Tedy.

Sebanyak 25 orang siswa SMP IT Arafah kelas 7A mengikuti kegiatan itu. Siswa dikenalkan berbagai macam alat pemadam kebakaran dan penyelamatan.

Dengan adanya kegiatan itu siswa mendapat ilmu baru. Salah satunya tugas Disdamkarmat Kotim tak hanya memadamkan api namun juga penyelamatan, mulai dari hal kecil seperti melepaskan cincin yang menjepit jari, hingga penanganan siswa berbahaya seperti ular berbisa.

Tak hanya itu para siswa juga diajarkan teknik penanganan api. Bahkan mempraktikkan cara menanganinya dengan simulasi dan dipandu dengan personel Disdamkarmat Kotim yang berpengalaman.

“Alhamdulilah anak-anak senang,” ujar guru yang juga merupakan wali kelas 7A ini. (C1)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *