Siswa SMKN 4 Sampit Gelar Fun Outing Class Tour

Siswa SMKN 4 Sampit Gelar Fun Outing Class Tour

CATATAN.CO.ID, Sampit – Sejumlah siswa SMKN 4 Sampit melakukan kegiatan fun outing class tour. Peserta merupakan siswa yang mengikuti program keahlian usaha perjalanan wisata yang telah menyelesaikan proyek akhir.

SMKN 4 Sampit beralamat di Jalan H.M. Arsyad Km 0,5 di RSUD dr Murjani memiliki Program Keahlian Agronomi diantaranya yaitu Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP), Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH), dan Agribisnis Pengolahan Hasil Pangan (APHP) dan Program keahlian Pariwisata diantaranya yaitu Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata (UPW).

SMKN 4 SAMPIT yang dipimpin Sirojuddin Noor ini sejak 17 November 2021 menggelar kompetensi keahlian Usaha Perjalanan Wisata (UPW) dengan program pembelajaran menyenangkan bagi siswa kelas XII yang beberapa waktu lagi mereka akan lulus.

“Dalam pelaksanaan ini mengusung tema ‘Fun Outing Class Tour’ di mana kegiatan ini merupakan proyek akhir kerja lapangan yang dilakukan oleh siswa-siswi kelas XII,” kata Siti Muhajar, Kepala Program Keahlian, Kamis 18 November 2021.

Rangkaian kegiatan ini yakni dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengakhiran, Evaluasi dan Job Description siswa yang berperan penuh team guru hanya sebagai fasilitator dalam kegiatan ini.

“Fun Outing Class Tour ini kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan penuh dengan education, skill dan pengalaman bagi siswa. Rundown kegiatan Fun Outing Class Tour di mulai dari pemberangkatan di SMKN 4 Sampit menuju beberapa objek wisata yang ada di Sampit, Yaitu Bundaran Balangan/Tugu Perdamaian. Taman Miniatur Sampit, Museum Kayu, Icon Jelawat dan Ujung Pandaran. Pada kegiatan ini kami sangat terbantu oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kotim dalam memberikan informasi tentang obyek wisata,” katanya.

Rangkaian pembelajaran yang terstruktur dari mata pelajaran produktif C3 yaitu Tour Planning, Guiding, Ticketing, dan MICE. Dimana siswa ada yang berperan sebagai Tour Operator, Tour Leader, Pemandu Wisata, Pelaksana Tour dan Pelaksana Event Organizer. “Di samping itu juga siswa belajar tentang informasi obyek wisata, pembangunan pariwisata, sejarah, dan budaya,” imbuhnya.

Kegiatan tersebut diketuai siswa kelas XII UPW Rizky Jaka Mahendra dibantu team kelas XII UPW yang sesuai dengan job description, diawasi oleh guru produktif, dan guru Bahasa Inggris. Di akhir rangkaian pembelajaran mereka menciptakan outbound di pantai yang sangat hits dikalangan kota sampit dan sekitarnya untuk menciptakan silaturahmi, keakraban dan team work yang solid karena mengingat hampir kurang lebih dua tahun melakukan pembelajaran secara daring.

“Tujuan dari kegiatan pembelajaran ini membentuk karakter jiwa tourism dan jiwa entrepreneur ala milenia sesuai dengan kompetensi keahlian yang mereka mampu yaitu Usaha Perjalanan Wisata (UPW).” (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *