Limbah Medis Dibuang Sembarangan di Lingkar Kota Sampit

Limbah Medis Dibuang Sembarangan di Lingkar Kota Sampit

CATATAN.CO.ID, Sampit – Lingkungan pelayanan kesehatan di Kotawaringin Timur, tampaknya bakal menjadi sorotan serius masyarakat. Kali ini masalah baru muncul, warga menemukan limbah medis dibuang sembarangan. Diduga dibuang secara tak bertanggung jawab oleh petugas fasilitas kesehatan.

Penemuan limbah media ini, terjadi di Jalan Soekarno, kilometer 7, RT 041, Kelurahan Sawahan, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang atau Lingkar Kota Utara Rabu sore, 2 Februari 2022. Ketua RT setempat, Rasyidi mengatakan pihaknya menemukan limbah medis itu ketika membersihkan sampah yang dibuang oleh masyarakat sembarangan.

“Kami menemukan banyak sampah medis belum diketahui asal-usulnya itu saat kegiatan gotong royong,” ucap Rasyidi.

Limbah medis yang ditemukan tersebut antara lain seperti sarung tangan medis bekas,jarum suntik, tempat antigen bekas, dan sejumlah berkas data berkaitan dengan klinik tertentu.

Adanya temuan sampah atau limbah medis ini telah dilaporkan oleh warga ke pihak Kepolisian Sektor Ketapang. Pihak kepolisian pun telah mengecek lokasi tersebut

“Kami berharap ini ditindaklanjuti pihak terkait. Kami sudah melaporkan ke Polsek Ketapang dan mereka sudah cek TKP.,” katanya.

Dipastikan Rasyidi, kawasan tersebut bukan tempat pembuangan sampah. Pihaknya juga telah memasang spanduk larangan membuang sampah sembarangan. Hanya pihak yang tidak bertanggung jawab membuang sampah di lokasi itu.

Apalagi sampah yang dibuang merupakan limbah medis. Warga khawatir akan berdampak pada kesehatan warga dan lingkungan sekitar. Semestinya limbah medis tak boleh dibuang sembarangan dan harus diperlakukan secara khusus dalam pemusnahannya. (C1)

administrator

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *