Legislator Dorong Pengembangan Budidaya Kepiting

Legislator Dorong Pengembangan Budidaya Kepiting

CATATAN.CO.ID, Kuala Pembuang – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan mendorong pemerintah setempat melalui dinas terkait dapat membantu para nelayan mengembangkan budidaya kepiting.

“Kita lihat potensi untuk pengembangan budidaya kepiting di wilayah pesisir Kabupaten Seruyan cukup menjanjikan apabila dilakukan, “ kata Bejo Rianto Anggota DPRD Seruyan, Selasa, 8 Februari 2022.

Menurutnya, selama ini para nelayan di Kuala Pembuang dan sekitarnya, hanya mengandalkan penangkapan secara alami untuk komuditas kepiting dan masih belum di kembangkan secara budidaya.

Untuk itu, jika dinas terkait bisa mencarikan terobosan baru untuk budidaya kepiting, sehingga nelayan akan lebih mudah mengembangkannya dan akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan.

“Selama ini, Kepiting asal Kuala Pembuang, menjadi primadona dan di kirim ke berbagai daerah di pulau jawa bahkan kabarnya menjadi komuditas ekspor hingga ke berbagai negara,“ tuturnya.

Jika pengembangan budidaya kepiting bisa berjalan, maka akan sangat berdampak pada kesejahteraan para nelayan dan masyarakat pesisir dan juga dapat mencegah dari kepunahan.

“Jika hanya mengandalkan kepiting yang hidup di alam, tanpa ada upaya untuk membudidayakannya, maka lama kelamaan akan punah, sehingga mulai saat ini mari mencari terobosan untuk membudidayakannya, sebab kawasan pesisir kita tempat yang cocok untuk pembudidayaan,“ tukasnya. (C5)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *