DPRD Kotim Dukung Upaya Atasi Masalah Over Kapasitas Lapas Sampit

DPRD Kotim Dukung Upaya Atasi Masalah Over Kapasitas Lapas Sampit

CATATAN.CO.ID, Sampit – DPRD Kotawaringin Timur akan mengupayakan bagaimana solusinya agar Lapas Kelas IIB Sampit itu bisa menjadi lapas yang sesuai dengan aturan dan ketentuan dalam sisi kapasitas.

“Kami sangat prihatin dengan kondisi itu makanya kami terus mendukung upaya-upaya yang bisa kita lakukan bersama untuk mengatasi kondisi over kapasitas ini,” kata Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur, H.Hairis Salamad, Minggu, 6 Februari 2022.

Hairis menyampaikan keprihatinannya terkait kondisi Lapas Sampit yang telah mengalami over atau melebihi kapasitas mencapai 267 persen.

Komisi I juga bahkan mendukung Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur meningkatkan bantuan dalam mengatasi over kapasitas Lapas Sampit.

DPRD Kotawaringin Timur akan mendorong pemerintah kabupaten untuk bersama-sama membantu penanganan over kapasitas di Lapas Sampit dengan berbagai upaya.

Kegiatan yang bisa dilakukan seperti penambahan sarana prasarana pendukung di Lapas Sampit yang secara teknis akan dilakukan pengkajian dan pendalaman lebih lanjut.

“Kami akan berupaya untuk terus membantu Lapas Sampit dalam rangka penanganan over kapasitas demi meningkatkan pelayanan dan program pembinaan para WBP (warga binaan pemasyarakatan) di Lapas Sampit,” kata Ketua Komisi I Agus Seruyantara.

Sebelumnya kata Agus mereka sudah melakukan rapat koordinasi antara rombongan DPRD Kotawaringin Timur dengan Lapas Kelas II B Sampit ini difasilitasi oleh Kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimatan Tengah di aula Mentaya di Palangka Raya pekan lalu. Rapat dihadiri Kakanwil Kemenkumham Kalteng Ilham Djaya dan jajaran.

Kegiatan ini berlangsung dengan dinamis dan dalam suasana penuh keakraban yang dilanjutkan dengan pembahasan antara DPRD Kotawaringin Timur dengan jajaran Kemenkumham Kalteng, termasuk dengan Kalapas Sampit dalam rangka rencana ke depan penanganan over kapasitas di Lapas Sampit

Sementara itu Kepala Lapas Kelas II B Sampit Agung Supriyanto mengatakan, selama ini sinergitas antara Lapas Sampit dengan semua unsur vertikal maupun pemerintah daerah setempat telah terjalin dengan baik.

“Terima kasih kami sampaikan kepada DPRD Kotim atas perhatiannya kepada Lapas Sampit. Perhatian, kepedulian dan kebersamaan ini sangat berarti bagi kami karena dengan ini diharapkan mampu mencari solusi terbaik demi kebaikan bersama masyarakat Kotim pada umumnya dan para WBP pada khususnya,” pungkas Agung Supriyanto. (C4)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *