Buka Puasa Bersama SDIT Al-Madaniyah Samuda Diisi Battle Hafalan dan Dai Cilik

Buka Puasa Bersama SDIT Al-Madaniyah Samuda Diisi Battle Hafalan dan Dai Cilik

CATATAN.CO.ID, Sampit – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Madaniyah Samuda, Mentaya Hilir Selatan, Kotawaringin Timur menggelar acara buka puasa bersama bagi seluruh pendidik dan peserta didik. Serunya, saat menunggu buka puasa bersama acara diisi dengan battle hafalan surah dan dai cilik.

Battle hafalan diikuti peserta didik Muhammad Aiman Hauzan  dan Adzkia dari kelas VA dengan Surah Al-Buruj.

Sedangkan untuk dai cilik diikuti Muhammad Syariffullah dari kelas VA dan Dira Khairunna Latifa Marsudi dari kelas III B. Syarifullah dalam tausiahnya menyampaikan tentang hikmah puasa pada bulan Ramadan.

“Salah satunya adalah untuk menyehatkan badan, sesuai dengan hadits nabi yang diriwayatkan Ath Thabrani ‘berpuasalah niscaya kalian akan sehat’ kata,” kata Syarifullah dalam tausiahnya.

Sedangkan Dira Khairunna Latifa menyampaikan dalil tentang kewajiban berpuasa di bulan suci Ramadan, yaitu surah Al-Baqarah ayat 183.

“Wahai orang-orang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa,” kata Dira mengutip ayat suci Alquran, seraya mengajak teman-temannya agar jangan sampai meninggalkan puasa di Bulan Ramadan.

Kepala SDIT Al-Madaniyah Samuda, Mutaqin Saufi mengatakan buka puasa bersama ini sudah menjadi agenda rutin pihaknya setiap bulan Ramadan.

“Kegiatan ini kami gelar dengan maksud mempererat tali silaturahmi dan memperkuat rasa persaudaraan antara sesama teman dan rekan kerja,” jelas Saufi, Jumat, 8 April 2022.

Buka bersama ini dilaksanakan SDIT Al-Madaniyah Samuda dengan melibatkan seluruh asatidz dan asatidzah atau pendidik serta  peserta didik kelas IV, V dan VI, hari kedua puasa, Senin (5/4).

Mutaqin Saufi berterimakasih kepada seluruh pendidik dan orang tua wali murid yang sudah membantu kegiatan itu. Dia berharap hal ini dapat dilaksanakan secara istikomah atau konsisten setiap tahunnya.

Selepas buka bersama dengan takjil yang disediakan, acara dilanjutkan dengan salat magrib berjemaah dan lalu ditutup dengan makan bersama. (C1)

 

administrator

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *