Buaya Muncul di Tengah Permukiman Penduduk Jalan H Imran Sampit

Buaya Muncul di Tengah Permukiman Penduduk Jalan H Imran Sampit

CATATAN.CO.ID, Sampit – Seekor buaya muara sepanjang 1 meter muncul di Sungai Mentawa dekat permukiman penduduk di Gang Melati, Jalan H Imran, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Sampit, Kotawarigin Timur.

Keberadaan buaya ini membuat resah warga sekitar sehingga meminta Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk menangkapnya.

Kemunculan buaya tersebut sempat terekam kamera warga, Rabu, 28 Desember 2022. Tuti, salah seorang warga setempat pun melaporkannya ke Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kotim, Kamis, 29 Desember 2022.

Namun karena buaya muara merupakan salah satu hewan dilindungi, akhirnya petugas Disdamkarmat Kotim, melaporkannya kepada BKSDA Pos Jaga Sampit. Mendapat laporan itu Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah, langsung mengecek ke lokasi.

“Tadi sore sudah kami obeservasi,” jelas Muriansyah.

Pihak BKSDA pun menghimpun informasi dengan berdialog dengan sejumlah warga setempat. Berdasarkan keterangan warga, keberadaan buaya itu sempat didokumentasikan dalam bentuk video. Saat itu, buaya sedang berada di tepi sungai.

Menurut warga, buaya tersebut sudah berada di areal tersebut sekitar enam bulan terakhir ini. Namun hingga kini, belum ada laporan adanya serangan buaya. Baik terhadap warga maupun ternak .

“Anak-anak sering mandi di sekitar lokasi kemunculan buaya,” katanya.

Kendati demikian, warga semakin resah, apalagi mengetahui bahwa predator ini merupakan salah satu hewan dilindungi. Sehingga berharap kepada BKSDA habitatnya. Selain itu, warga juga khawatir apabila buaya tersebut makin membesar dan menyerang manusia.

“Pelapor juga khawatir, kalau buaya tersebut dibunuh oknum warga,” imbuhnya.

Mengantisipasi hal-hal yang tak dinginkan, pihak BKSDA mengimbau warga sekitar berhati-hati. Petugas juga meminta warga segera melapor apabila buaya terlihat lagi di lokasi tersebut agar memudahkan petugas  untuk menangkapnya. (C1)

 

HARI JADI KE 70 KOTIM
administrator

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *