Kotim Optimis Wujudkan Pendidikan Anak Usia Dini Berkualitas

Kotim Optimis Wujudkan Pendidikan Anak Usia Dini Berkualitas

CATATAN.CO.ID – Kotawaringin Timur optimis dapat mewujudkan Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD) berkualitas. Hal ini diungkapkan Bunda Pengembangan PAUD  Kotim, Khairiah Halikinnor, saat mengunjungi Taman Kanak-kanak (TK) Pertiwi 1 Samuda, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan (MHS), belum lama ini.

“Melihat kondisi anak-anak di sini, saya optimis di Kotim dapat diwujudkan PAUD berkualitas dan program pendidikan hebat  sesuai visi misi pemerintah daerah,” ujarnya.

Khairiah berkunjung ke kecamatan tersebut ialah untuk sosialisasi PAUD Holistik Integratif (HI) dan verifikasi portofolio apresiasi bunda PAUD berprestasi. Kegiatan itu diikuti Bunda PAUD dari 4 kecamatan wilayah Selatan Kotim. Antara lain Kecamatan MHS, Teluk Sampit, Pulau Hanaut, dan Mentaya Hilir Utara (MHU).

“Tonggak awal pendidikan adalah sejak usia dini. Sehingga dirasa sangat perlu untuk meningkatkan kompetensi para pendidik, salah satunya melalui kegiatan ini,” ucapnya.

Ia menuturkan pendidik yang kompeten sangat diperlukan agar dapat melayani peserta didik secara maksimal. Kompetensi yang baik dapat dicapai dengan rajin mengikuti kegiatan berkualitas seperti seminar, diklat, workshop, dan semacamnya.

Namun, peran orangtua juga sangat penting. Karena itu, orangtua diharap bisa bersinergi dengan pihak sekolah dan pendidik dalam memberikan layanan maupun pendidikan kepada anak.

“Usia dini merupakan masa keemasan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Oleh sebab itu, di masa ini perlu pengasuhan dan pendidikan yang tepat,” ujarnya.

Program PAUD HI diyakini menjadi metode pengasuhan dan pendidikan yang tepat. Diharapkan Kotim nantinya dapat berintegrasi dengan program PAUD pada tataran satuan dengan program HI. Dengan cara menerapkan 5 layanan, meliputi layanan pendidikan, kesehatan dan gizi, pengasuhan, perlindungan, dan kesejahteraan.

Bunda PAUD dari setiap kecamatan hingga kelurahan maupun desa dituntut untuk dapat mendampingi dan mendukung setiap lembaga PAUD di wilayah masing-masing. Agar dapat meningkatkan sumber daya layanan di bidang pendidikan, khususnya PAUD HI. (C1)

administrator

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *