Pembagian Rapor SMP Negeri 2 Sampit Dihadiri Orangtua Siswa

Salah seorang siswa SMPN 2 Sampit bersama ibunya melihat hasil belajar yang baru saja dibagikan.

CATATAN.CO.ID, Sampit – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Sampit membagikan hasil penilaian akhir belajar semester genap bagi siswa kelas VII dan VIII. Dalam pembagian, setiap siswa didampingi orangtuanya.

Kepala SMPN 2 Sampit, Abdurrahman mengatakan pihaknya sengaja mengharuskan orangtua mendampingi anaknya dalam pengambilan rapor agar dapat mengetahui secara langsung perkembangan hasil belajar dari wali kelasnya.

“Pengambilan rapor melibatkan orangtua untuk menjalin kebersamaan, sinergitas antara sekolah dan orangtua. Momentum ini juga menjadi wadah komunikasi antara sekolah dan orangtua,” ungkap Abdurrahman, Jumat, 24 Juni 2022.

Dijelaskan Abdurrahman pembagian rapor ini sebagai pertanggungjawaban penilaian selama setahun. Ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman orangtua terhadap karakter siswa selama belajar di sekolah. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan prestasi anaknya di kelas selanjutnya.

Penilaian tersebut telah melalui rapat dewan guru. Salah satunya yakni harus memenuhi sejumlah kriteria kenaikan kelas.

Adapun kriteria kenaikan kelas di antaranya; siswa wajib memperoleh nilai setiap mata pelajaran, kehadiran 90 persen, nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang kurang maksimal hanya 3 mata pelajaran, siswa wajib mengikuti ekstrakulikuler.

“Memang dari hasil penilaian oleh para guru kami, memang masih ada beberapa yang tidak naik kelas 4 orang di kelas 7 dan kelas 8,” tutupnya.

Di sela pembagian rapor pihak sekolah juga mengumumkan sejumlah juara umum secara pararel setiap kelas. Saat momentum itu senyum semringah tampak menghiasi dari para juara dan orangtua.

Abdurrahman yakin dengan adanya pembagian hasil akhir belajar selama setahun ini akan membuat para siswa termotivasi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi. (C1)

Ucapan Selamat Lebaran Catatan 2024

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang KamiRedaksi | Pedoman Media SiberDisclaimer

© Copyright catatan.co.id. Designed and Developed by catatan.co.id