BPP Diharapkan Menjadikan Pendidikan Lebih Baik

Suasana belajar mengajar di SMPN 1 Cempaga Hulu

CATATAN.CO.ID, Sampit – Bantuan Penyelenggara Pendidikan (BPP) diharapkan bisa menjadikan program pendidikan di Kotawaringin Timur lebih baik. Harapan ini disampaikan Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Perbantuan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Zulfikar Antony.

Menurutnya, peran serta orangtua dalam pendidikan anak sangat penting guna membentuk karakter anak, sehingga melalui BPP akan melibatkan peran orangtua bahkan kesepakatan antara orangtua dan pihak sekolah terkait pembelajaran yang akan dilakukan pada anak-anaknya di sekolah.

“Sekolah sebagai sebuah lembaga tempat penyemaian ilmu yang terorganisasi secara formal, sangat berperan penting dalam meningkatkan kualitas dan jati diri seseorang, mengubah latar belakang seseorang menjadi lebih baik, sekolah yang baik tidak hanya mengubah anak didiknya menjadi pribadi yang berpendidikan akan tetapi juga turut mengubah lingkungan bermasyarakat menjadi yang lebih baik,” ujarnya, Kamis, 7 Juli 2022.

Sekolah sebagai sistem sosial dinilai merupakan bagian integral dari sistem sosial yang lebih besar, yaitu masyarakat. Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dampak positif dari partisipasi orang tua terhadap perkembangan anak, baik di bidang akademik maupun non akademik di sekolah.

“Hal ini jelas sangat relevan dengan upaya sekolah dan masyarakat yang secara terus-menerus mendukung dan membantu pembelajaran dan perkembangan peserta didik, yang akan bermuara pada pencapaian mutu pendidikan di sekolah,” katanya.

Manfaat atau keuntungan partisipasi orangtua dalam pendidikan anak, menunjukkan bahwa tolok ukur paling akurat atas sesuatu yang didapat oleh peserta didik di sekolah bukanlah berupa pendapatan atau status sosial, namun lebih luas dari itu, yaitu bahwa keluarga dari para peserta didik akan menjadi mampu menciptakan suatu suasana yang nyaman sehingga mendorong lahirnya sebuah pembelajaran. (CP)

 

Ucapan Selamat Lebaran Catatan 2024

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang KamiRedaksi | Pedoman Media SiberDisclaimer

© Copyright catatan.co.id. Designed and Developed by catatan.co.id