Halikin Ingatkan Pemilu 2024 Luberjurdil

Halikin Ingatkan Pemilu 2024 Luberjurdil

CATATAN.CO.ID, Sampit – Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor mengingatkan agar Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 berjalan sesuai asas Langsung Umum Bebas Rahasia Jujur dan Adil (Luberjurdil).

Ia pun menyampaikannya dalam sambutannya pada gelaran Pelantikan Panitia Pemunguta Suara (PPS) yang dilaksanakan di Hotel Aquarious Boutique Sampit, Jalan Jenderal Sudirman, Sampit.

“Sebagai kepala daerah, saya tidak pernah bosan untuk mengingatkan saudara-saudara untuk selalu mengedepankan asas pemilu Luberjurdil,” katanya, Selasa, 24 Januari 2023.

Lanjutnya, asas luberjurdil dalam Pemiu tersebut merupakan amanat Undang-undang. Yakni, Pasal 2 Peraturan Pemerintah Pengganti UU No. 1/2022 Tentang Perubahan Atas UU No. 7/2017 Tentang Pemilu.

Pesan itu ia tujukan kepada seluruh anggota PPS yang dilantik dan juga semua pihak terkait yang telah ditugaskan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024, termasuk Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kotim.

“Dengan dilantiknya saudara-saudara, itu menandakan bahwa saudara sudah sah berdasarkan ketentuan perundang-undangan sebagai bagian dari penyelenggaraan Pemilu yang akan melaksanakan tahapan-tahapan Pemilu di tingkat kelurahan/desa,” tutur Halikin.

Ia pun juga meminta kepada para PPS tersebut agar memberikan pelayanan yang setara kepada seluruh peserta Pemilu dan Masyarakat. Para PPS juga harus berkoordinasi dengan pemerintah setempat dalam melaksanakan tahapan yang dilaksanakan di wilayah PPS yang bersangkutan.

Halikin juga menginstruksikan agar seluruh tugas dan tanggung jawab saudara dengan sebaik-baiknya dengan selalu berpedoman pada ketentuan perundang-undangan.

“Bekerjalah dengan penuh integritas, jujur, dan cermat. Serta, hati-hati,” tegasnya.

Adapun, Pemilu 2024 akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024. Yang akan dilaksanakan secara serentak untuk pemilihan wakil rakyat yang akan duduk di kursi DPR, DPD, DPRD, Presiden, dan Wakil Presiden. (C10)

HARI JADI KE 70 KOTIM

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *