Disdik Kotim bersama OPD Terkait Susun RAD PAUD HI

Disdik Kotim bersama OPD Terkait Susun RAD PAUD HI

CATATAN.CO.ID Sampit – Dalam rangka memenuhi 5 hak anak dalam perkembangan di usia dini, Dinas Pendidikan Kotim bersama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait menggelar rapat koordinasi penyusunan sebuah Rencana Aksi Daerah (RAD).

Rapat koordinasi tersebut dilaksanakan di Bappelitbangda, Jalan Jenderal Sudirman, kilometer 6,5, Kota Sampit, Selasa, 8 November 2022.

“Ini RAD Gugus Tugas PAUD HI, Pendidikan Anak Usia Dini Holistik-Integratif,” ujar Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan (Plt Kadisdik), Susiawati, Kotim, Selasa, 8 November 2022.

Ia melanjutkan, output yang diharapkan dari penyusunan rencana aksi itu ialah anak-anak di jenjang usia dini terpenuhi. Terutama, pelayanan pada 5 hak wajib anak usia dini.

“Terutama lima pelayanan wajibnya itu. Ya, terhadap hak kesehatannya, pola asuhnya, pendidikannya, perlindungannya, hak tumbuh kembang mereka. Semuanya bisa dipenuhi di PAUD HI,” ujar Susiawati.

Menurutnya, saat ini semua pemenuhan hak anak usia dini tersebut sebenarnya sudah dilaksanakan, namun masih belum terintegrasi. Maka dari itu, RAD PAUD HI ini disusun.

Ia pun mencontohkan pemenuhan hak-hak anak usia dini yang saat ini belum terintegrasi.

“Misalnya, kesehatan. Untuk penekanan angka stunting, mereka pemberian gizi. Kan, selama ini sudah ada. Tapi, sekarang kita akan integrasikan,” ujar Susiawati.

Maka dari itu, RAD Gugus Tugas PAUD HI disusun. Adapun, Gugus tugas tersebut diketuai oleh Sekretariat Daerah Kotim, Fajrurrahman. Namun, pada rapat koordinasi itu, sambutan Fajrurrahman disampaikan Asisten I Sekretariat Daerah Kotim, Diana Setiawan.

“Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif merupakan strategi pembangunan manusia sejak usia dini untuk mewujudkan anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia, dalam rangka mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Tahun 2030 dan Generasi Emas Tahun 2045,” kata Diana.

Diana pun melanjutkan, anak usia dini merupakan periode utama dalam siklus kehidupan manusia yang harus mendapat perhatian dari keluarga, pemerintah, dan masyarakat. Investasi pada anak usia dini yang dimulai dari 0-6 tahun merupakan investasi terbaik dalam siklus kehidupan manusia yang menjadi landasan sekaligus. (C10) 

 

administrator

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *