Calon Bupati di Katingan Akan Mengikuti Debat Kandidat, Ini Jadwalnya

Ketua KPU Kabupaten Katingan, Wahyuni.
Ketua KPU Kabupaten Katingan, Wahyuni.

CATATAN.CO.ID, Kasongan – Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Katingan telah mengagendakan debat kandidat calon bupati dan wakil bupati di daerah tersebut.

Ketua KPU Kabupaten Katingan, Wahyuni, Senin, 21 Oktober 2024, mengatakan bahwa debat kandidat calon bupati dan wakil bupati Katingan akan dilaksanakan di ruang rapat DPRD setempat.

Ada tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati Katingan yang akan bertarung pada Pilkada 27 November 2024 mendatang. Ketiga pasangan tersebut adalah:

  1. Pasangan nomor urut 1, Sakariyas – Endang Susilawatie.
  2. Pasangan nomor urut 2, Suhaemi – Nokodemus.
  3. Pasangan nomor urut 3, Saiful – Firdaus.

“Ketiga pasangan calon tersebut akan mengikuti debat kandidat sebanyak dua kali, yang pertama pada Rabu, 23 Oktober 2024, dan debat kedua pada bulan November 2024,” ujar Ketua KPU Kabupaten Katingan, Wahyuni.

Semua kandidat diharuskan ikut dalam debat tersebut, karena debat merupakan salah satu metode kampanye. Untuk materi debat, Wahyuni menyebutkan bahwa pihaknya telah membentuk tim perumus, yang nantinya juga akan dibantu oleh tim panelis.

Dari tim perumus, KPU melibatkan beberapa pihak, terutama dari kalangan akademisi, tokoh masyarakat, dan juga perwakilan dari pemerintah daerah setempat. Sementara itu, tim panelis akan terdiri dari lima orang akademisi yang berasal dari beberapa institusi di Provinsi Kalimantan Tengah, seperti Universitas Palangka Raya (Unpar), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), dan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

“Masing-masing calon boleh membawa pendukungnya untuk hadir, tetapi dengan pembatasan sesuai kapasitas ruangan. Mudah-mudahan semua bisa terakomodasi,” tambah Wahyuni.

Ia berharap debat nanti dapat berlangsung dengan lancar, aman, dan kondusif, serta membutuhkan kerjasama dari semua pihak. Menurutnya, pihak KPU akan menyusun tata tertib agar debat bisa berjalan dengan tertib dan kondusif. (C6)

 

Ucapan Selamat Lebaran Catatan 2024

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *