Dinkes Kotim Siapkan Ruang Oksigen Gratis di Puskesmas

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kotim Nugroho Kuncoro Yudho
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kotim Nugroho Kuncoro Yudho

 

CATATAN.CO.ID, Sampit – Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur menyiapkan ruang oksigen gratis untuk masyarakat di tiap Puskesmas.

Keputusan ini diambil menyusul pekatnya kabut asap akibat Karhutla, sehingga ada pasien yang memerlukan oksigen mana kala terserang gangguan pernapasan atau paru-paru.

“Kami siapkan di puskesmas ruangan khusus untuk kebutuhan oksigennya, jadi oksigen ini gratis dalam upaya penanggulangan bencana kabut asap di Kotim,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kotim Nugroho Kuncoro Yudho, Senin, 2 Oktober 2023.

Kuncoro menyampaikan itu saat rapat evaluasi status tanggap darurat bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Gedung Pusdalops Kantor BPBD Kotim.

Dinkes Kotim melalui puskesmas berupaya memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Terutama bagi yang terdampak kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Puskesmas sudah kami instruksikan sejak beberapa bulan lalu untuk antisipasi jika ada masyarakat yang mengalami gangguan pernafasan entah itu ISPA ataupun asma dan lain lain memerlukan bantuan baik itu pelayanan maupun kebutuhan oksigen,” ujarnya.

Hingga kini yang memanfaatkan fasilitas tersebut di Rumah Sakit Samuda, September 2023. Sementara di Puskesmas belum ada laporan penggunaan ruang oksigen.

“Tapi semua sudah kami siapkan,” katanya. (C4)

Ucapan Selamat Lebaran Catatan 2024

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *