Aplikasi ENKAPE Digawangi SMKN 1 Sampit

Bupati Halikinnor menyerahkan kenang-kenangan kepada Kepala SMKN 1 Lismayani saat peluncuran layanan online di Kelurahan Baamang Hilir menggunakan aplikasi ENKAPE karya SMKN 1 Sampit, Kamis, 9 Juni 2022.

CATATAN.CO.ID, Sampit – Layanan online “ENKAPE” yang mulai digunakan oleh Pemerintah Kelurahan Baamang Hilir Kecamatan Baamang ternyata digawangi oleh SMKN 1 Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur.

Peluncuran layanan online menggunakan aplikasi ENKAPE diresmikan oleh Bupati Halikinnor. Hadir dalam acara itu Camat Baamang Ady Candra, Lurah Baamang Hilir Laily A Fauzan serta Kepala SMKN 1 Sampit Lismayani.

Camat Baamang Ady Candra mengatakan, inovasi ini berawal dari perbincangan santai dengan Kepala SMKN 1 Sampit terkait upaya memberi kemudahan pelayanan kepada masyarakat. Ternyata itu direspons oleh SMKN 1 Sampit sehingga pelayanan online itu terwujud.

“Tiga bulan ke depan ini akan kami evaluasi. Kami berencana menggunakan aplikasi ini di empat kelurahan dan desa lainnya,” ujar Ady Candra.

Kepala SMKN 1 Sampit Lismayani mengatakan, pihaknya juga sangat berterima kasih atas respons cepat dari camat dan lurah setempat. Pihak sekolah juga membutuhkan dukungan pihak ketiga dalam hal pengembangan inovasi dan kreativitas siswa, salah satunya adalah penggunaan aplikasi ENKAPE tersebut.

“Ini juga membantu membuka pola pikir anak-anak bahwa banyak yang bisa dilakukan untuk membantu pemerintah dengan kemampuan yang mereka miliki. Mudahan ini membuka jalan bagi kami untuk menghasilkan aplikasi-aplikasi yang bermanfaat bagi masyarakat,” kata Lismayani.

Lismayani mengatakan, pihaknya memilikimu tim rekayasa perangkat lunak (RPL) yang menangani hal tersebut. Tim akan mengevaluasi apa saja kekurangan yang perlu dilengkapi dan disempurnakan.

Layanan online menggunakan aplikasi ENKAPE mulai diberlakukan di Kelurahan Baamang Hilir. Kini warga yang membutuhkan layanan, tidak perlu lagi langsung datang ke kantor kelurahan karena bisa diproses dan diselesaikan secara online melalui aplikasi tersebut.

Meski begitu, pihak kelurahan tetap menyediakan layanan secara offline. Hal ini untuk membantu warga yang belum memahami maupun belum memiliki perangkat untuk mengurus secara online sehingga mereka juga tetap dilayani. (C2)

 

Ucapan Selamat Lebaran Catatan 2024

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *