Seluruh Puskesmas di Kotim Sudah Terakreditasi

Puskesmas Baamang 1

CATATAN.CO.ID, Sampit – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotawaringin Timur (Kotim) Umar Kaderu mengatakan sebanyak 21 Puskesmas di daerah ini sudah terakreditasi.

“Kami sampaikan juga bahwa seluruh puskesmas di Kotim telah terakreditasi,” kata Umar, Jumat, 19 Juli 2024.

Dari 21 Puskesmas yang tersebar di 17 kecamatan terdapat 17 terakreditasi paripurna, 3 utama dan 1 madya.

Adapun 17 Puskesmas yang menyandang predikat Paripurna yaitu Puskesmas Ujung Pandaran, Bagendang, Ketapang 2, Baamang 2, Sebabi, Kotabesi, Cempaka Mulia, Pundu, Parenggean 1, Parenggean 2, Kuala Kuayan, Tumbang Sangai, Puskesmas Tumbang Kalang, Puskesmas Baamang 1, Puskesmas Pasir Putih, Puskesmas Ketapang 1, dan Puskesmas Samuda.

Kemudian, 3 puskesmas lainnya mendapatkan predikat Utama yaitu Puskesmas Bapinang, Mentaya Seberang dan Puskesmas Tualan Hulu.

Puskesmas Tumbang Penyahuan saat ini masih terakreditasi madya karena kekurangan tenaga kesehatan. Puskesmas tersebut belum memiliki dokter, apoteker, dan nakes potensial lainnya tidak ada. Ke depan Dinkes Kotim perjuangkan SDM tenaga kesehatan untuk mencukupi seluruh fasilitas yang ada.

Capaian akreditasi ini sangat penting karena sesuai peraturan Kementerian Kesehatan RI bahwa puskesmas yang belum terakreditasi tidak bisa menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Lanjut Umar, tahun ini juga akan dilakukan rehab total Puskesmas Bapinang di Kecamatan Pulau Hanaut dan Puskesmas Parenggean II di Kecamatan Parenggean.

“Semoga pada tahun berikutnya secara bertahap puskesmas dengan model bangunan lama bisa diremajakan sesuai dengan kebutuhan saat ini,” tandasnya. (C4)

Ucapan Selamat Lebaran Catatan 2024

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *