Berharap Perusahaan makin Banyak Berikan Beasiswa

Berharap Perusahaan makin Banyak Berikan Beasiswa

CATATAN.CO.ID, Sampit – Anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah Pardamean Gultom berharap semakin banyak perusahaan besar yang memberikan beasiswa kepada pelajar dan mahasiswa di daerah ini.

Langkah ini sebagai bentuk kepedulian dan partisipasi dunia usaha dalam membantu pemerintah daerah meningkatkan sumber daya manusia (SDM) masyarakat dengan mendorong peningkatan kualitas pendidikan.

“Ini bisa menjadi solusi di tengah terbatasnya kemampuan pemerintah daerah dalam membiayai program-program peningkatan SDM. Kalau setiap perusahaan membantu beasiswa kepada pelajar di desa sekitar perusahaan masing-masing, maka dampaknya akan besar,” kata Gultom, Jumat, 25 Februari 2022.

Peningkatan sumber daya manusia menjadi hal mutlak yang dibutuhkan saat ini. Hal itu lantaran dunia kerja membutuhkan pekerja yang mempunyai kemampuan dan keahlian sesuai kebutuhan bidang usaha mereka.

Kepedulian ini diharapkan dilakukan setiap perusahaan besar yang beroperasi di daerah ini. Perusahaan bisa mengarahkan program CSR (corporate social responsibility) yang merupakan kewajiban perusahaan untuk membantu masyarakat, termasuk pada bidang peningkatan sumber daya manusia.

Sinergitas pemerintah daerah dengan dunia usaha sangat dibutuhkan untuk mengelola potensi ini. Tujuannya untuk meningkatkan daya saing dan kemampuan masyarakat sehingga berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan.

Saat ini terdapat banyak perusahaan besar di Kotawaringin Timur. Kotawaringin Timur merupakan kabupaten dengan jumlah perusahaan perkebunan kelapa sawit terbanyak yaitu sekitar 58 perusahaan dan lahannya terluas di Indonesia.

Jika setiap perusahaan mengarahkan program CSR mereka dan disinergikan dengan program pemerintah maka akan berdampak besar terhadap daerah. Banyak hal yang akan bisa dilakukan dengan dukungan dari swasta tersebut.

“Kita harus mempersiapkan SDM anak-anak lokal bisa berkarir dan berkarya di perusahaan-perusahaan yang ada di wilayah mereka. Mereka harus dibekali keahlian yang mumpuni agar mampu bersaing menempati posisi-posisi strategis di perusahaan,” ucap Gultom.

Gultom mengapresiasi saat ini sejumlah perusahaan perkebunan telah menunjukkan kepedulian terhadap bidang pendidikan. Selain mengembangkan sekolah di lingkungan perusahaan, juga membantu beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa.

Perlu ada regulasi yang mewajibkan setiap perusahaan memberikan beasiswa kepada pelajar dari daerah ini untuk kuliah. Jika ini bisa diwujudkan maka akan sangat membantu peningkatan sumber daya manusia di daerah ini.

“Kalau setiap tahun berkelanjutan seperti ini, saya yakin SDM kita mampu mengisi kebutuhan-kebutuhan bursa kerja strategis yang dibutuhkan perusahaan perkebunan khususnya di bidang-bidang strategis,” pungkas Gultom. (C2)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *