Angkutan Berat Masuk Kota tak Bisa Dihambat Karena Jalan Lingkar Selatan Rusak

Truk melintas di Bundaran A Yani Sampit, Kamis, 18 Juli 2024.
Truk melintas di Bundaran A Yani Sampit, Kamis, 18 Juli 2024.

CATATAN.CO.ID, Sampit – Angkutan berat masuk kota saat ini menjadi pemandangan yang sangat sering terlihat. Bahkan beberapa kali truk-truk bermuatan berat tersebut nampak bergerombol melalui Jalan Kapten Mulyono atau Jalan HM Arsyad, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Sopir truk tersebut mengaku terpaksa melewati jalan kota karena jalan yang diperuntukkan angkutan berat yaitu Jalan Lingkar Selatan saat ini mengalami rusak parah.

“Kami tidak bisa memaksakan diri lewat lingkar selatan. Jalan itu kondisinya sangat membahayakan. Selain mengancam keselamatan, takut dan khawatir jika terjadi insiden justru timbul banyak kerugian,” kata Arif salah satu sopir truk bermuatan berat yang melintas di Jalan Kapten Mulyono, Kamis, 18 Juli 2024.

Ia menceritakan kondisi rusak parah jalan yang sudah lama dijadikan jalan khusus angkutan berat dari Pelabuhan Bagendang hingga bundaran Belanga tersebut. Jalan itu bergelombang cukup dalam tidak hanya pada satu titik. Debu-debu beterbangan saat jalan dilalui pun juga sangat mengganggu.

iA khawatir truk yang sedang membawa muatan oleng dan terguling jika dipaksakan melewati jalan bergelombang bukan hanya beberapa meter. Ia perkirakan kerusakan itu mencapai 2 kilometer.

Sementara itu Dinas Perhubungan (Dishub) Kotim sempat menyinggung masuknya angkutan berat di jalan kota saat kejadian truk mengangkut alat berat menabrak bando Traffic light di simpang Pelita-HM Arsyad.

Dishub Kotim mengakui kondisi itu tak dapat dibendung karena jalan lingkar selatan mengalami rusak parah. Hal itu pula yang menjadi alasan sopir truk melenggang di jalan kota.

“Kita sebetulnya punya jalan untuk mobilisasi truk dan alat berat agar tidak melalui jalan kota, tetapi kita tahu sendiri kondisi jalan lingkar selatan rusak berat dengan berbagai alasan sopir alat berat dan truk sangat membahayakan,” kata Pelaksana tugas Kepala Dishub Kotim Rody Kamislam. (C4)

Ucapan Selamat Lebaran Catatan 2024

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *