Rumah Warga Rusak, Tiang Reklame Roboh, Pohon Bertumbangan di Telawang

Kondisi rumah warga di Kecamatan Telawang yang diterpa angin kencang., Senin sore, 17 Januari 2022.

CATATAN.CO.ID, Sampit – Cuaca ekstrem melanda sejumlah wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur, Senin sore, 1 Januari 2022. Salah satunya terjadi di Jalan Jenderal Sudirman, kilometer 85, Simpang Sebabi, Kecamatan Telawang. Di wilayah itu sejumlah rumah warga rusak, beberapa tiang reklame roboh, dan pohon-pohon bertumbangan.

“Kejadiannya pukul 16.00 lewat. Bagian atap rumah rusak, sengnya terbang,” ungkap Ayu Sitha, warga Simpang Sebabi.

Tak hanya itu angin kencang juga merobohkan sejumlah tiang papan iklan dan kotak neo  yang berada di depan sejumlah toko milik warga.

“Saya lihat di beberapa rumah tetangga juga terjadi demikian. Pohon pisang hingga pohon nangka tumbang,” tambahnya.

Berdasarkan keterangan warga, angin kencang tak berlangsung lama. Sementara hujan berlangsung sekitar satu jam. Namun dampaknya begitu luar biasa dirasakan warga.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi H Asan Sampit, sebelumnya telah mengeluarkan peringatan dini potensi hujan sedang hingga deras di Kotawaringin Timur. Hujan deras dapat disertai petir dan angin kencang.

Kondisi seperti ini berpotensi terjadi di Kecamatan Kota Besi, Kecamatan Cempaga, Baamang, Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kecamatan Teluk Sampit, Kecamatan Cempaga Hulu, Kecamatan Telawang, dan Kecamatan Bukit Santuai.

“Dan juga dapat meluas ke kecamatan Mentaya Hulu, Parenggean, Mentawa Baru Ketapang, Pulau Hanaut, Seranau, Tualan Hulu, dan Telaga Antang,” ungkap Kepala BMKG Stasiun Meteorologi H Asan Sampit, Musuhanaya. (C1)

Ucapan Selamat Lebaran Catatan 2024

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang KamiRedaksi | Pedoman Media SiberDisclaimer

© Copyright catatan.co.id. Designed and Developed by catatan.co.id