Masyarakat Kotim Diimbau Waspada Cuaca Ekstrem

Masyarakat Kotim Diimbau Waspada Cuaca Ekstrem

CATATAN.CO.ID, Sampit– Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi H Asan Sampit mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem. Masyarakat pun diminta untuk waspada.

BMKG Stasiun Meteorologi H Asan Sampit merilis, cuaca di Kotawaringin Timur, dan sekitarnya berpotensi terjadi hujan deras disertai petir dan angin kencang. Termasuk potensi terjadinya pohon tumbang dan bangunan rusak akibat terpaan angin kencang.

“Wilayah kita masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga deras,” ungkap Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi H Asan Sampit, Musuhanaya, Minggu, 9 Januari 2022.

Hujan dengan intensitas sedang hingga deras berpotensi disertai kilat, petir, dan angin kencang. Terutama menjelang sore hari. Hal ini perlu diwaspadai mengingat beberapa hari lalu angin kencang kerap mengakibatkan kerusakan bangunan dan mengakibatkan pohon tumbang. Seperti yang menimpa bangunan SMPN 4 Kota Besi, Desa Camba, Kecamatan Kota Besi, Jumat sore, 7 Januari 2022. Serta pohon tumbang di sekitar Kecamatan Baamang di hari yang sama.

Adapun wilayah Kotawaringin Timur yang rawan terjadi terjadi hujan disertai angin kencang adalah Kecamatan Kota Besi, Kecamatan Cempaga, Kecamatan Seranau, Kecamatan Cempaga Hulu, Kecamatan Bukit Santuai, dan Kecamatan Telaga Antang.

“Kondisi ini dapat meluas ke wilayah Kecamatan Mentaya Hulu, Kecamatan Parenggean, Kecamatan Baamang, Kecamatan Pulau Hanaut, Kecamatan Antang Kalang, dan Kecamatan Tualan Hulu,” pungkasnya.

 

administrator

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *