Pemkab Murung Raya Punya Langkah Strategis Mengendalikan Inflasi

Pj Bupati Murung Raya Hermon, saat menyerahkan sembako murah kepada salah seorang warga.
Pj Bupati Murung Raya Hermon, saat menyerahkan sembako murah kepada salah seorang warga.

CATATAN.CO.ID, Puruk Cahu – Pemerintah Kabupaten Murung Raya memiliki langkah strategis dalam mengendalikan inflasi di daerah itu.

enjabat Bupati Murung Raya Hermon mengatakan, penyelenggaraan Pasar Penyeimbang, Pasar Murah, dan Operasi Pasar akan berdampak positif terhadap pengendalian inflasi. Karena, dapat disinergikan dengan program strategis pemberian bantuan sosial yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Murung Raya.

“Pemerintah Kabupaten Murung Raya juga melaksanakan program-program pemberian bantuan dalam rangka mengendalikan inflasi di Kabupaten Murung Raya,” kata Hermon dalam kegiatan Pasar Penyeimbang, Pasar Murah dan Operasi Pasar di Kecamatan Laung Tuhup, Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, Kamis, 1 Februari 2024.

Kemudian, langkah yang dilakukan pihaknya dalam menekan inflasi dengan mencanangkan gerakan menanam cabai sebanyak 1. 600 bibit di 10 kecamatan di Murung Raya. Karena Cabai meruopakan komoditas pangan yang berpengaruh terhadap inflasi di Kabupaten Murung Raya dalam beberapa waktu belakangan.

“Cabai termasuk salah satu komoditas penyebab inflasi tinggi di Kabupaten Murung Raya, maka kami akan membagikan bibit cabai gratis beserta polybag,” tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo mengatakan, situasi global yang tidak menentu mempengaruhi ketersediaan pangan. Sehingga, menyebabkan sumber pangan mengalami kenaikan harga.

“Bapak Presiden juga menginstruksikan agar kita harus menjaga ketahanan pangan di wilayah kita masing-masing, jangan sampai terjadi inflasi. Melalui gerakan Pasar Penyeimbang, Pasar Murah dan Operasi Pasar ini, kita harapkan menjadi stimulus kepada masyarakat yang menerima agar masyarakat betul-betul mendapatkan harga kebutuhan pokok sebagaimana mestinya,” ungkapnya.

Wagub juga menyebut, kegiatan yang dilakukan oleh Kabupaten Murung Raya memiliki tujuan menstabilkan harga pangan di wilayahnya agar tidak terjadi lonjakan.

 “Beberapa waktu lalu kegiatan yang sama juga dilaksanakan di Sampit, Katingan, Kapuas dan Pulang Pisau, hari ini di Murung Raya, besok Barito Utara dan besoknya lagi di Barito Selatan,” tandasnya. (C1 /*)

Ucapan Selamat Lebaran Catatan 2024

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang KamiRedaksi | Pedoman Media SiberDisclaimer

© Copyright catatan.co.id. Designed and Developed by catatan.co.id