Pemkab Kotim Harus Bina BUMDes Luwuk Bunter

Pemkab Kotim Harus Bina BUMDes Luwuk Bunter

CATATAN.CO.ID, Sampit – Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Rini Anderson meminta agar Pemkab Kotim membina BUMDes Luwuk Bunter, Kecamatan Cempaga, Kabupaten Kotim.

Rini sepakat dengan Bupati Kotim agar BUMDes Luwuk Bunter yang bergerak di lembaga keuangan mikro itu jadi pilot projek.

“Dengan adanya BUMDes tersebut tentunya sangat membantu ekonomi daerah tersebut secara tidak langsung,” katanya, Kamis, 17 Februari 2022

Disebut Rinie potensi dan sistem manajemen dari LKM BUMDes Luwuk Bunter sangat baik sekali. Ini memang tepat jadi pilot projek untuk Kotim kedepannya, tidak perlu desa lain jauh belajar.

Apa yang dilakukan BUMDes ini kata dia sejalan dengan program pemerintah, di mana mereka awalnya dengan modal awal Rp 1,9 juta kini mampu memiliki aset hingga Rp 2,7 miliar dan membiayai 300 usaha masyarakat yang tersebar di 11 desa di Kotim.

Politikus PDI Perjuangan ini mendorong agar pemerintah daerah membina hingga mendukung BUMDes demikian. Sebab, dari ratusan BUMDes yang ada ini sangat sedikit yang bisa berkembang dan berprestasi.

Menurutnya itu harus diberdayakan supaya mereka BUMDes tetap bisa eksis dan bisa maksimal. Selain itu bisa jadi pemantik semangat bagi desa-desa lainnya untuk bisa meniru.

Selain itu juga kata dia keberadaan koperasi LKM ini akan menghapus rentenir dan pinjaman online dengan bunga besar yang banyak beredar di Kotim. (C4)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *