Reposisi AKD, Handoyo J Wibowo Digantikan Riskon Fabiansyah

Reposisi AKD, Handoyo J Wibowo Digantikan Riskon Fabiansyah

CATATAN.CO.ID, Sampit – Riskon Fabiansyah ditunjuk menggantika. Handoyo J Wibowo sebagai Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur.

Riskon diutus Fraksi Golkar menggantikan Handoyo J Wibowo dari Fraksi Demokrat melalui reposisi alat kelengkapan dewan.

Menururtnya itu adalah amanah yang diberikan partai melalui Fraksi serta rekannya semua. “Ini adalah amanah yang luar biasa berat, tapi saya yakin dukungan kawan-kawan yang ditugaskan di Bapemperda saya bisa melaksanakannya,” katanya, Kamis, 17 Februari 2022.

Ia menyebutkan kinerja Bapemperda DPRD Kotawaringin Timur yang sudah baik bisa dipertahankan dan ditingkatkan.

Riskon mengakui amanah menjadi Ketua Bapemperda bukanlah tugas yang mudah. Bapemperda mempunyai tanggung jawab sangat besar karena bertugas menggodok peraturan daerah yang diajukan pihak eksekutif maupun usulan dari inisiatif DPRD sendiri.

Produk hukum yang dihasilkan melalui pembahasan Bapemperda kemudian dibawa ke rapat paripurna untuk disetujui oleh DPRD secara kelembagaan akan berdampak besar terhadap jalannya pembangunan dan masyarakat.

Meski begitu, Riskon yakin seluruh anggota Bapemperda mempunyai pandangan yang sama dan kompak dalam menjalankan tugas tersebut. Ini juga sudah ditunjukkan dalam kiprah Bapemperda selama ini.

Disinggung seringnya ada sorotan terkait peraturan daerah yang belum dilaksanakan sebagaimana mestinya oleh eksekutif, Riskon mengatakan hal itu menjadi perhatian pihaknya.

Bapemperda kata dia akan berupaya membantu mencari solusi agar peraturan daerah bisa dijalankan sesuai harapan.

Dipilihnya Riskon telah disepakati dalam rapat paripurna internal dengan agenda reposisi alat kelengkapan dewan. Sebagian besar fraksi yang hadir menyepakati hasil tersebut.

Rapat reposisi Komisi, Bapemperda, Badan Kehormatan dan Badan Anggaran itu sempat berjalan alot. Dua fraksi yaitu Fraksi PDIP dan Fraksi Demokrat bahkan tidak menghadiri lanjutan rapat yang sempat diskors.

Namun lima fraksi lainnya sepakat bahwa hasil yang diputuskan dalam rapat paripurna lanjutan itu sah.

Sebelumnya Ketua Bapemperda dijabat Handoyo J Wibowo dari Fraksi Demokrat dan Wakil Ketua dijabat Hj Darmawati dari Fraksi Golkar.

Hasil keputusan rapat paripurna, kini jabatan Ketua Bapemperda dipercayakan kepada Riskon Fabiansyah dari Fraksi Golkar dan Wakil Ketua dijabat Dadang H Syamsu yang merupakan Ketua Fraksi PAN. (C4)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *